pertiwi1Balitbu Tropika, 2013. Hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian akan meberikan kontribusi bagi pembangunan dan perkembangan pertanian di Indonesia. Pendukung pengembangan dan penyebaran hasil penelitian bisa dari manapun : institusi pemerintah (Pemda/ Pemkot), swasta, kelompok maupun perorangan. Dengan berlakunya UU No. 13 tahun 2010 tentang Hortikultura, konsekuensinya adalah harus ada penguatan produsen benih dalam negeri, karena dengan komposisi 70:30 maka beberapa produsen benih asing berfikir ulang untuk melanjutkan usaha perbenihannya.

Untuk memperkuat perbenihan nasional maka pada tanggal 26 – 27 Agustus 2013, staf Puslitbanghorti yang dikoordinasi oleh Dr. Achmad Dimyati yang didampingi Ir. Rebin (Balitbu Tropika), Zainur Hanif, S.Tp (Balitjestro) dan Risma, SP (Balitsa). Mengadakan kunjungan ke PT. Agri Makmur Pertiwi (AMP) yang beralamat di Jl. Raya Pare, Kediri Km 8, Desa Sambirejo; Kecamatan Pare; Kediri, yang merupakan perusahaan perbenihan swasta nasional yang nantinya diharapkan siap untuk memenuhi kebutuhan benih secara nasional.

Dilihat secara keseluruhan muulai dari ketersediaan benih induk, laboratorium, pengemasan dan pendistribusian perusahaan ini telah siap untuk menjadi perusahaan benih yang go public untuk memenuhi kebutuhan perbenihan yang merupakan tumpuan dari petani untuk berusaha tani baik tanaman pangan maupun hortikultura. Saat ini peredaran benih perusahaan ini telah menyebar di beberapa kota di Jawa Timur. Dan perusahaan ini ditunjang oleh SDM yang kompeten untuk menunjang kegitanannya serta telah meliliki sertifikat ISO dari Komite Akreditasi Nasional, sehingga mereka memiliki kewenangan untuk labelisasi sendiri produk-produk mereka untuk diedarkan ke pasaran.

Dikutip dari : http://balitbu.litbang.deptan.go.id/ind/index.php/berita-mainmenu-26/13-info-aktual/561-kunjungan-ke-pt-agri-makmur-pertiwi-amp-kediri

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.