pak acung

Bp. Acung, Petani Bunga Kol Kusuma

BENIHPERTIWI.CO.ID – Jika biasanya kita memanfaatkan bagian daun, buah, batang ataupun umbi sebagai sayuran, sayuran satu ini memanfaatkan bunganya untuk dikonsumsi dan diolah menjadi masakan bernilai tinggi.

Bunganya membentuk crop putih dengan daun menyerupai kelopak. Layaknya kebun bunga, penampilannya tambah menarik saat memasuki waktu panen. Bunga kaya gizi ini dikenal dengan sebutan Kubis bunga, kembang kol, atau bunga kol. Selain keelokannya, bunga kol mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan jantung, kekuatan tulang dan meningkatan daya tahan tubuh.

Benih Pertiwi sendiri sebagai perusahaan penghasil varietas sayuran unggul, mempunyai dua jenis bunga kol hibrida yang bisa dibagi berdasarkan ketinggian tempat, yaitu bunga kol varietas Kusuma untuk dataran rendah dan bunga kol varietas Forum untuk daerah dataran tinggi.

Bunga kol Kusuma sangat cocok untuk dataran rendah hingga menengah dengan ketinggian 10-100 m diatas permukaan laut, dengan bunga padat berwarna putih, produktivitas tinggi dan bisa disimpan sekitar empat hari setelah panen.

Performa yang menawan didataran rendah membuat daya tarik sendiri bagi petani yang sudah mencoba keunggulan bunga kol Kusuma. Seperti Bpk. Acung yang sudah membuktikan hasil panen bunga kol Kusuma di areal sawah Subang.

Bapak Acung setiap tahun menanam bunga kol di sawah untuk mengisi waktu kosong tanam padi pada musim kemarau. Berawal dari keberhasilan pertama, hingga sekarang Pak Acung menanam bunga kol varietas Kusuma.

Dengan populasi 17.000 tanaman, jika dihitung paling rendah berat rata-rata 1 kg dan harga Rp. 3000/kg saja, Pak Acung bisa mendapat pendapatan Rp. 51 juta. Dengan biaya produksi sekitar Rp. 15 juta, maka setidaknya 30 juta sudah bisa dikantongi pak Acung dalam tempo dua bulan. Keuntungannya lumayan bukan?

Pemirsa, Selamat mencoba budidaya bunga Kol Kusuma :D.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.