Hamparan kacang panjang terserang virus kuning

BENIHPERTIWI.CO.ID – Penyakit virus kuning merebak sekitar tahun 2008-2009 di Jawa Barat dan Jawa Tengah, menyebar cepat di Jawa hingga ke luar Jawa. Dengan mudahnya penularan virus kuning, hingga saat ini kehadiran penyakit virus kuning bisa muncul pada tanaman kacang panjang yang rentan serangan virus kuning.

Penyebaran virus kuning dilakukan oleh kutu daun seperti trips, tungau dan kutu kebul. Sedangkan penyakit kuning pada kacang panjang sendiri disebabkan oleh virus dengan gejala mozaik (Bean Common Mozaic Virus – BCMV) dan gejala kuning (Mungbean Yellow Mozaik Virus-MYMV).

Pada gejala mozaik, daun terlihat belang kuning hijau, tulang daun hijau, dengan permukaan daun mengkerut dan bergelombang. Sedangkan gejala kuning terlihat bercak-bercak kuning pada daun, tersebar sepanjang urat daun, membesar hingga permukaan daun menguning keseluruhan.

Penyakit virus kuning ini secara keseluruhan dapat menyebabkan malformasi daun, tanaman kerdil, pembungaan terhambat, penurunan berat polong dengan tingkat serangan 90-100%. Oleh sebab itu ketika tanaman terserang, akan sulit dipulihkan kembali.

Namun demikian, ancaman penyakit kuning saat ini sudah dapat diatasi dengan penggunaan benih kacang panjang tahan virus kuning. Seperti kacang panjang Pertiwi dari Benih Pertiwi yang sudah terbukti dapat menangkal penyebaran virus kuning. Dengan keunggulan anti virusnya, petani kacang panjang tidak perlu kwatir dengan ancaman gagal panen akibat serangan anti virus.

Tidak hanya tahan virus kuning, kacang panjang Pertiwi juga mempunyai keunggulan umur lebih genjah dari produk kacang panjang yang beredar dipasaran. Jika produk lain dipanen sekitar umur 46-50 hari setelah tanam, kacang panjang Pertiwi sudah dapat dipanen pada umur 44 hari setelah tanam, petani tidak perlu menunggu lebih lama untuk menikmati hasilnya.

Kacang panjang Pertiwi juga dikenal mempunyai bobot lebih tinggi dibanding produk lainnya. Hal ini dikarenakan per polong berisi sekitar 20 biji, dengan jumlah polong per tanaman sekitar 27 polong dan berat polong sekitar 0,7 – 1 kg pertanaman. Sehingga tak heran jika potensi hasilnya bisa mencapai 35-37 ton per hektar dengan interval petik kisaran 14- 20 kali petik.

Kacang Panjang Pertiwi

Selain mempunyai produktivitas tinggi, kacang panjang Pertiwi juga mempunyai adaptasi luas, dapat ditanam diberbagai tempat, baik disawah, ladang, pekarangan, dataran rendah hingga menengah. Panjang polong rata-rata 80-90 cm sehingga sangat menarik bagi konsumen akhir, karena terlihat panjang menjuntai dan menyegarkan.

Selain itu, karakter unik lainnya adalah daun kacang panjang Pertiwi jarang-jarang sehingga mudah dalam perawatan terutama untuk penyemprotan pestisida dan menghemat penggunaan pupuk N.

Kacang Panjang Pertiwi, Panen Cepat & Aman Virus Kuning. Dapatkan benih kacang panjang Pertiwi di kios pertanian terdekat.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.