Padi Pak Tiwi-1 Siap Panen

BENIHPERTIWI.CO.ID – Pertengahan tahun ini serangan wereng merebak di beberapa titik di Jawa Timur, seperti Jombang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Madiun, Ngawi, Bojonegoro, Jember dan Probolinggo.

Di Jawa Barat terdeteksi menyebar cepat di Subang, Karawang dan Indramayu. Sedangkan di Jawa Tengah terdeteksi di Klaten, Semarang, Kudus, Sragen, Karanganyar, Kebumen, Banjarnegara, Cilacap, Banyumas dan Purbalingga.

Banyak petani mengeluh hasil panennya merosot bahkan gagal panen. Secara praktis, penanggulangan penyebaran wereng adalah dengan melakukan penyemprotan insektisida terhadap seluruh tanaman yang terserang maupun tidak terserang.

Namun demikian kegiatan penyemprotan yang dilakukan secara individu diyakini tidak akan sanggup mengatasi penyebaran wereng. Karena sumber wereng bisa muncul dari lahan lain yang tidak disemprot. Oleh sebab itu pengendalian perlu dilakukan secara masif dan melibatkan berbagai kalangan.

Selain penyemprotan insektisida, langkah jitu yang bisa dilakukan petani untuk menghindari serangan wereng adalah penggunaan benih unggul tahan wereng, seperti padi Pak Tiwi-1. Dengan menggunakan benih padi Pak Tiwi-1, petani bisa lebih tenang menunggu hasil panen, karena secara alami wereng tidak suka dengan karakter batang Pak Tiwi-1.

Batang padi Pak Tiwi-1 sangat keras dan kokoh sehingga wereng sulit menusuk permukaan batang untuk menyebarkan virus. Keunggulan padi Pak Tiwi-1 terbukti lebih tahan dalam menangkal serangan wereng terutama wereng biotipe 1, 2 dan 3. 

“Musim wereng seperti ini mending tanam Pak Tiwi-1 pak, lebih aman wereng dan yang penting bisa panen, dapur tetap ngebul” Tutur Tohari, petani dari Jember, Jawa Timur.

Tak hanya itu, keunggulan padi Pak Tiwi-1 juga mempunyai produktivitas tinggi dengan potensi hasil mencapai 11 ton dan rata-rata 7-8 ton per hektar. Jadi pikir apalagi? Ingin panen? atau cepat gagal panen? Gunakan Padi Pak Tiwi-1 untuk mencegah penyebaran wereng coklat.

BACA LAINNYA

2 Response Comments

  • bambang15/09/2017 at 8:49 am

    Padinya endes,. wereng beres!

    Reply
    • Admin15/09/2017 at 8:50 am

      Sippp jozzz pak

      Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.