BENIHPERTIWI.CO.ID – Setiap varietas melon memiliki karakter unik yang ditunjukkan dari keunggulannya. Ada yang unggul dibobot buah, ketahanan virus, rasa manis, tahan simpan atau dari kegenjahan umur panen. Setiap perusahaan benih berusaha untuk menghasilkan benih terbaik untuk memuaskan kebutuhan petani.

Dari aneka jenis melon tersebut, salah satu yang sudah banyak dikenal adalah melon Ivory dari Benih Pertiwi. Keunggulan utama yang bisa dibuktikan adalah kecepatan membentuk net pada umur 38 HST. Meskipun cepat ngenet, penampilan net Ivory mulus terbentuk sempurna.

Keunggulan lainnya adalah toleran terhadap kresek jika dibandingkan dengan melon lain. Meskipun sebagian daun bawah terkena kresek namun daun selanjutnya masih mampu bertahan. Sehingga tidak aneh jika melon lain rusak atau malah gagal panen, melon Ivory masih bertahan dan bisa dipanen.

zainudin3

Bp. Sadi dan Melon Ivory, dibuahkan dua rata-rata 2 – 2.4 kg/tan

Dengan ketahanan kreseknya, menanam melon Ivory menjadi lebih mudah, ditanam dilanjaran oke, ditanam telasahpun tidak masalah. Buah besar dan seragam. Jika dalam satu tanaman dibuahkan dua mampu menghasilkan bobot 2 kg/buah.

Seperti melon Ivory milik Bp. Sadi dari Ds Njimatan, Brosot, Kec Galur, Kulonprogo DIY, dengan ketinggian 7 mdpl, populasi 5400 tanaman dan ditanam pada musim penghujan. Kondisi tanaman normal dengan rata-rata pertanaman dibuahkan dua  bisa  menghasilkan berat 2- 2.4 kg, sedangkan buah yang dibesarkan satu bisa berbobot 3.6 hingg 4 kg.

Sama halnya dengan Bp. Sri Pariyadi yang menanam melon Ivory total 35 pack atau populasi 19.300 tanaman di lahan  Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo dengan ketinggian 8 mdpl. Daya tumbuh melon Ivory juga bagus, serempak dan buah besar seragam,  ditanam pada musim kemarau dengan kondisi tanaman kekurangan air, tercemar virus dari tanaman sekitarnya yang panen.

Meski demikian melon Ivory Bp. Sri bisa bertahan sampai panen dan ngenet sempurna. Hasilnya memuaskan dengan umur panen 73 hst, berat rata 1,8 – 2,3 kg. Dari modal Rp. 62 juta bisa laku  77 juta dan laba bersih Rp. 15 juta. Dengan kondisi ekstrim seperti itu, Bp. Sri Pariyadi bersyukur masih bisa panen dan merasakan untung (Sumber: Achmad Zainudin). 

zainudin4

Bp. Sri Pariyadi dam melon Ivory umur 45 HST

Melon Ivory dibuahkan satu rata-rata 3.4 kg per tanaman

Zainudin1

Melon Ivory dibuahkan dua rata-rata 2 kg/tan

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.