jagung ketan6BENIHPERTIWI.CO.ID – Jagung ketan atau biasa dikenal dengan jagung pulut mempunyai perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan jagung lainnya. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari segi warna dan tekstur. Jagung ketan umumnya berwarna putih atau putih dengan belang-belang ungu. Sedangkan teksturnya sangat pulen atau kenyal jika dibandingkan dengan jagung lainnya. Tekstur pulen ini berasal dari kandungan amilopektin yang mencapai 90%. Kandungan inilah yang membuat jagung ketan menjadi lebih pulen dan mengenyangkan.

Jagung pulut banyak dikonsumsi oleh masyarakat timur, seperti daerah Nusatenggara Timur, Nusatenggara Barat, Sulawesi Selatan, Maluku hingga ke Papua. Pada umumnya masyarakat menanam jagung pulut hanya untuk konsumsi sehari-hari, bukan untuk pakan ternak yang digunakan industri pakan seperti pada umumnya di Jawa atau Sumatera.

Jika selama ini belum ada industri yang mengembangkan jagung pulut dalam skala besar, hal ini tak lain karena produktivitasnya yang rendah. Rata-rata jagung pulut lokal hanya mencapai 2 ton/ha. Dengan potensi tersebut, potensi jagung pulut kalah dengan potensi jagung lainnya. Namun demikian jagung pulut hasil penelitian dari pemerintah maupun swasta sudah mampu meningkatkan potensi produksi hingga mencapai 11 ton/ha. Yaitu salah satunya adalah jagung ketan dari PT. Agri Makmur Pertiwi, jagung ketan Arumba.

jagung ketan4

Sama halnya dengan jagung manis, jagung pulut dipanen muda yaitu umur 60 HST namun masih bisa disimpan lama. Tidak seperti jagung manis yang lebih dari tiga hari sudah mengkerut dan kadar manisnya berkurang. Dengan produktivitas tinggi rasanya tidak perlu lagi diragukan untuk dikenalkan kepada para petani dan kepada masyarakat pada umumnya.

Jagung ketan Arumba mempunyai tekstur pulen, lengket dan mempunyai nilai kadar manis cukup tinggi untuk ukuran jagung ketan yaitu 10.4ยบ brix. Teknis budidaya cukup mudah, sama dengan teknis budidaya jagung pada umumnya, dengan jarak tanam anjuran 75 x 20 cm (satu benih per lubang)

BACA LAINNYA

4 Response Comments

  • sigit23/08/2016 at 10:24 am

    pesan binih jagung pulut unggul, produksi bagaimana, hasil?/ha?
    cara pemerasan bagaimana?
    alamat saya :
    sigit prijowibowo
    KPP IPB baranangsiang iV Blok D 9, RT 02/010, Kel Tanah baru, Bogor utara, Bogor

    Reply
    • Admin23/08/2016 at 3:29 pm

      Informasi jagung pulut bisa buka link berikut : Jagung Ketan Arumba potensi hasil 11 ton/ha. untuk informasi marketing Bogor bisa menghubungi langsung Bp. Imtizal 085269083099 ya pak. Tks

      Reply
  • ady tomasoey23/01/2017 at 6:36 pm

    jagung pulut atau jagung ketan sangat diminati masyarakat kota kupang- NTT. karna lebih enak dari jagung muda benih non pulen. para petani di kabupaten kupang dan pinggiran kota kupang senantiasa budidaya jagung pulut ini,sayangnya tersediaan benih pada agen /distributor atau toko pertanian di kota kupang sudah lebih dari tujuh bulan tidak tersedia dalam jumlah yang cukup, dan jenis yang biasa ditanam adalah bibit jagung pulut kumala cap panah merah. Apakah jagung pulut benih pertiwi sudah ada agen/distributor di kupang-NTT?. apakah ada toko pertanian online yang bisa dipesan/ memesan langsung secara eceran?. TTerimakasih.

    Reply
    • Admin24/01/2017 at 10:24 am

      untuk informasi marketing NTT bisa menghubungi langsung petugas marketing NTT Bp. Sonny Basuki 08125130647 atau 087865430447 ya pak. Tks.

      Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.