jagung-pertiwi-3-5

Jagung Pertiwi-3 (foto: Yusmanto)

BENIHPERTIWI.CO.ID – Diantara merek jagung hibrida yang beredar di pasaran, jagung Pertiwi-3 mempunyai karakter khas, tongkolnya terlihat besar dan gemuk, hal ini disebabkan karena jumlah baris jagung Pertiwi-3 termasuk super yaitu 16-18 baris.

Namun demikian keunggulan utama dari jagung Pertiwi-3 adalah tingkat ketahanannya dari serangan bulai (Sclerospora maydis). Hal ini dibuktikan oleh petani jagung yang sudah bertahun-tahun menggunakan jagung Pertiwi-3.

“Dulu, kalau sudah kena bulai, pusing mas. Tapi sekarang pakai jagung Pertiwi-3 lebih aman. Jagungnya tahan bulai.” Ujar Dirman, petani dari Lamongan.

Bulai merupakan momok menakutkan untuk petani jagung. Seluruh area jagung bisa gagal panen setelah terserang bulai. Obat paling mujarab untuk bulai adalah obat cap jempol, artinya seluruh tanaman yang terinfeksi bulai harus dicabut dan dibakar. Pemusnahan dilakukan karena tanaman yang terinfeksi tidak bisa tertolong dan agar penyakit tidak menular ke tanaman lainnya.

Langkah pemusnahan tersebut tentu menjadi kerugian yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena selain tidak mendapat hasil panen, petani juga kehilangan modal yang sudah ditanamnya melalui benih, pupuk dan biaya tenaga kerja.

Apalagi untuk tanah tadah hujan yang sangat tergantung dengan kiriman hujan, gagal tanam diawal musim hujan bisa membuat terlambat tanam dan berakibat mendapat harga rendah saat panen. Seperti di Lampung, dimana biasanya harga panen pada awal musim panen paling tinggi dibandingkan saat puncak panen atau akhir panen raya.

Oleh sebab itu, memilih benih yang tepat merupakan salah kunci sukses dalam budidaya jagung. Meskipun selama ini belum ada benih jagung yang 100% tahan bulai, namun benih Jagung Pertiwi-3 masih dapat diandalkan mengatasi bulai dengan persentase tingkat serangan yang minim.

Sama halnya dengan Benih Pertiwi lainnya seperti Jagung Pertiwi-2, Jagung Pertiwi-6, Jagung manis Talenta, Jagung manis Jambore, Jagung manis Ganebo, semuanya benih jagung dari Benih Pertiwi dirancang untuk tahan serangan bulai.

 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.