Kacang panjang Pertiwi

Kacang panjang tahan virus, Kacang panjang PERTIWI

BENIHPERTIWI.CO.ID – Kacang panjang termasuk sayuran idola. Bentuknya menyerupai tali yang menjuntai, mudah tumbuh dari lahan sawah, ladang hingga pekarang rumah, harganya murah meriah dan mudah diolah, bisa dimasak atau langsung dikonsumsi segar. Berikut kami sajikan serba serbi terkait kacang panjang.

Kacang panjang :

1. Kacang panjang (Vigna sinensis) merupakan sayuran polong famili leguminoceae, yang dikenal  dapat menyuburkan tanah karena pada akarnya terdapat bintil-bintil bakteri Rhizobium, yaitu bakteri yang dapat mengikat nitrogen bebas. Tidak heran kacang panjang banyak ditanam di pematang sawah.

2. Cara tumbuhnya menjalar dan melilit. Pada umumnya dibudidayakan menggunakan lanjaran bambu untuk memudahkan panen, perawatan dan agar hasilnya lebih maksimal. Karena menggunakan lanjaran, maka di Jawa kacang panjang dikenal sebagai kacang lanjaran atau di Sunda dikenal sebagai kacang turus.

3. Selain menggunakan lanjaran bambu, kacang panjang juga biasa ditanam pada bekas tanaman jagung. Beberapa waktu sebelum jagung dipanen, benih kacang panjang ditanam dibawah pohon jagung kemudian dibiarkan menjalar pada batang jagung. Setelah tongkol jagung dipanen, batang jagung digabung dan diikat pada ujung batangnya agar lebih kokoh.

4. Kacang panjang ditanam di tanah tegalan maupun di sawah. Kacang panjang dimanfaatkan sebagai tanaman rotasi setelah musim panen padi atau menjadi tanaman sela di pematang sawah saat musim tanam padi.

5. Kacang panjang bisa dipanen sekitar umur 38 HST, dengan interval panen setiap 1-3 hari sekali, sebanyak 10-25 kali petik.

6. Produktivitas kacang panjang bisa mencapai 1 kg per tanaman.

dsc01240-copy

Kacang panjang per ikat

7. Kacang panjang biasanya dijual eceran dalam bentuk ikatan kecil, sebesar lingkaran ibu jari dan jari telunjuk.

8. Penyakit kacang panjang yang menjadi momok kegagalan panen adalah penyakit kuning. Penyakit ini disebabkan gemini virus yang mampu menyerang satu hamparan sekaligus dan menyebabkan gagal panen. Namun saat ini, penyakit kuning sudah bisa diatasi dengan menggunakan benih tahan virus, seperti varietas kacang panjang Pertiwi dan Pangeran Anvi. Kedua varietas dari Benih Pertiwi tersebut sudah terbukti tahan virus kuning dan banyak ditanam petani.

9. Selain penyakit, hama kacang panjang yang kerap mengganggu adalah penggerek polong (Maruca testulalis) dan kutu daun (Aphis craccivora). Cara mengatasinya dengan penyemprotan insektisida yang tepat, seperti bahan aktif : sihalotrin, deltametrin, profenofos, beta siflutrin. Jika aplikasi penyemprotan satu minggu sekali kurang efektif, bisa ditingkatkan setiap tiga hari sekali.

10. Kacang panjang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Menurut whfoods.org kacang panjang mengandung vitamin K, C, B2, B1, A, B3, B6, E, manganese, fiber, folate, copper, magnesium, chromium, calcium, iron, phosporus, omega-3, potassium, choline, protein.  

11. Polong kacang panjang bisa dimasak dengan ditumis, direbus dan dilalap mentah seperti masakan khas Sunda. Selain polong, daunnya mudanya juga bisa dikonsumsi seperti sayur pada umumnya dan sangat baik untuk memperlancar ASI.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.