Kacang Panjang Pertiwi (Foto : Hamzah)

BENIHPERTIWI.CO.ID –  Awalnya banyak petani ragu dengan kacang panjang Pertiwi. Meski diberi benih sample gratis pun terkadang tidak semua ditanam. Petani enggan rugi jika gagal, maklum produk baru jadi perlu bukti langsung.

Untuk membuktikan keunggulan kacang panjang Pertiwi, tim marketing melakukan demplot dan fieldtrip ke lahan – lahan penanaman.  Seperti kegiatan fieldtrip yang dilakukan tim marketing Sulawesi Selatan dengan mengundang petani Tanasitolo ke lahan kacang panjang Pertiwi milik Munira, petani dari Kelurahan Pincengpute, Kec. Tanasitolo, Kab. Wajo, Sulawesi Selatan.

Komentar petani yang hadir dari acara tersebut sangat positif terhadap kacang panjang yang dipamerkan.  “Buahnya lebat, panjang, setiap tangkai memiliki 2-3 buah, bunga tidak cepat rontok, buahnya lebih hijau, keras tidak cepat lembek dan umur panen sangat singkat. Cukup 42 hari sudah bisa dipanen.”

 

Fieldtrip ke Lahan Kacang Panjang Pertiwi ( Foto: Hamzah)

Dari plot tanaman seluas kurang lebih tujuh are, sebanyak 750 gr benih dan modal total tak lebih dari Rp. 500.000, Hasil panen pertama yang didapat sebanyak 32 ikat, dengan rata-rata per ikat 20 buah kacang panjang, kemudian panen ke 2 sebanyak 40 ikat, panen ke tiga meningkat menjadi 90 ikat dan terus meningkat menjadi 100 ikat.

Panen ke lima 90 ikat, panen ke enam 70 ikat, panen ke tujuh 40 ikat, panen ke delapan 80 ikat, panen ke sepuluh 100 ikat, panen ke sebelas 100 ikat, panen ke dua belas 100 ikat dan panen ke tiga belas 105 ikat, sampai berita ini dimuat panen masih terus berlanjut.

Dari total panen sebanyak tiga belas kali panen atau total lebih dari 1100 ikat. Menurut  Munira yakin jika  hasilnya ini masih setengahnya, ia yakin bisa sampai 30 kali panen. Hal berdasarkan dari calon pentil buah yang masih terlihat rimbun.

 

Ponirin Panen Kacang Panjang Pertiwi (Foto: Ikhwan)

Sama halnya dengan Munira, kesan pertama dari Ponirin, petani dari Kec. Penajam, Kab. Lawe-Lawe, Kalimantan Timur juga awalnya sangsi dengan keunggulan kacang panjang Pertiwi.   “Di kasih sample 500 gram tapi jujur nggak berani nanam karena takut. Ehh,. hasilnya trnyata luar biasa. Nyesal nggak langsung tanam semua, puas lah mas.. ?” Cerita Ponirin mengigat awal tanam kacang panjang Pertiwi.

Kacang panjang Pertiwi, produksi tinggi, tahan virus, buah lebat, tipe buah atas, daun jarang, hemat pupuk dan obat. Gunakan Benih Pertiwi untuk meningkatkan produktivitas.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.