kungkang14BENIHPERTIWI.CO.ID – Selama ini kangkung dikenal sebagai sayuran yang menyebabkan ngantuk. Sehingga kangkung lebih banyak dikonsumsi disiang atau malam hari.

Namun benarkah kangkung dapat menyebabkan rasa ngantuk?

Hingga sekarang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kangkung menyebabkan ngantuk. Penelitian yang ada adalah kangkung memiliki kandungan kimia yang bersifat sedatif, yaitu kandungan yang membuat rasa tenang. Rasa tenang inilah yang bisa saja memicu ngantuk.

Namun kandungan kimia sedatif ini tidak serta merta menjadi penyebab rasa ngantuk. Pengaruh kandungan sedatif tergantung pada kepekaan seseorang.

Kadar kandungan sedatif yang bisa mempengaruhi seseorang berbeda-beda. Ada yang butuh sedikit namun ada pula yang membutuhkan jumlah banyak agar efeknya dapat terlihat.

Kandungan sedatif ini juga banyak terkandung dari makanan yang biasa kita konsumsi, terutama yang mengandung vitamin B kompleks, kalsium, selenium, asam lemak omega-3, seng, dan magnesium. Seperti kacang-kacangan, telur, dan susu.

Efek tenang yang sama juga dapat ditemui pada makanan yang mengandung asam folat seperti kembang kol, brokoli dan asparagus. Bahkan makanan yang paling sering kita konsumsi selama ini yaitu nasi juga mempunyai kandungan karbohidrat yang memiliki sifat menenangkan.

BACA LAINNYA

1 Response Comment

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.