IMG_2960 - CopyBENIHPERTIWI.CO.ID – Unsur hara makro selain N, P dan K adalah Ca (Kalsium), Mg (Magnesium) dan S (Belerang). Berikut kegunaan setiap unsur tersebut.

Ca  (Kalsium)

Kalsium sebagai bahan bangunan yang berperan untuk memperkokoh dinding sel, mengatur daya tembus cairan melalui dinding sel sehingga asimilat dapat terdistribusi secara merata ke seluruh tanaman. Memacu pertumbuhan dan mempengaruhi pembentukan jaringan tanaman.

Mg (Magnesium)

Magnesium merupakan inti klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis. Oleh sebab itu magnesium dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk meningkatkan kemampuan tanaman dalam fotosintesis.

Klorofil yang baik dengan kecukupan unsur Mg dapat membantu fotosintesis saat cahaya meredup. Pemberian Mg dapat membantu tanaman yang mengalami etiolasi (pertumbuhan memanjang karena kekurangan cahaya matahari)

S (Sulfur / Belerang)

Unsur S berperan penting dalam pembentukan protein. Tanaman yang kekurangan unsur S akan berwarna pucat karena protein kurang bermutu sehingga menghalangi pembentukan klorofil.

Unsur S juga dapat meningkatkan aroma dan memacu pertumbuhan tanaman, seperti harumnya melon yang dapat ditingkatkan dengan penambahan unsur S.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.