Grafik Jumlah Penduduk Bekerja di Bidang Pertanian (Sumber: Berita Resmi Statistik BPS)

Grafik Jumlah Penduduk Bekerja di Bidang Pertanian (Sumber: Berita Resmi Statistik BPS)

BENIHPERTIWI.CO.ID – Data dari Badan Pusat Statisik (BPS) RI menunjukkan bahwa dalam kurun waktu delapan tahun terakhir terdapat trend penurunan jumlah penduduk yang bekerja di sektor pertanian.

Padahal sektor pertanian merupakan penyerap lapangan pekerjaan terbesar di Indonesia.

Pada tahun 2009 terdata jumlah penduduk yang bekerja di sektor pertanian sejumlah 43.03 juta jiwa, sedangkan pada awal 2016 menyusut hingga 38.29 juta jiwa.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2016 hampir semua sektor usaha mengalami penurunan jumlah pekerja, kecuali sektor perdagangan dan sektor jasa kemasyarakatan. Sektor pertanian mengalami penurunan sebanyak 1.8 juta jiwa, sektor industri sebanyak 410 ribu jiwa dan sektor keuangan sebanyak 170 ribu jiwa.

Tapi jangan kwatir dengan data trend menurun ini, karena hilangnya sebagian pekerja akan membuka peluang baru bagi pencari  kerja di sektor pertanian. Terutama bagi lulusan jurusan pertanian dari sekolah menengah atas  dan perguruan tinggi.

Kabar baiknya adalah sejak awal tahun 2016, perdagangan bebas ala asia tenggara, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimulai. Indonesia mempunyai penduduk terbesar diantara negara ASEAN lainnya, yaitu 250 juta jiwa dari 600 juta jiwa penduduk negara ASEAN.

Hal ini bisa menjadi peluang dan tantangan bagi generasi muda untuk terjun di dunia pertanian. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar tersebut, tentu membutuhkan bahan pangan dalam jumlah besar. Sedangkan adanya MEA ini produk impor mudah beredar di pasar Indonesia dan bersaing ketat dengan produk lokal.

Bangsa Indonesia dianugerahi sumber daya alam dan potensi pasar yang besar, seharusnya kita bisa bersaing dan berdaulat di negeri kita sendiri, yaitu dengan menjadi pengusaha tani yang kompetitif.

Jadi, sudah siap menjadi pengusaha tani?

BACA LAINNYA

1 Response Comment

  • hermanto30/05/2016 at 3:20 pm

    Pak apa diperusahaan ini masih ada lowongan kerja?

    Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.