Kebun sayuran di halaman rumah

BENIHPERTIWI.CO.ID – Berkebun bagi sebagian orang merupakan pekerjaan berat, kotor, panas dan membosankan. Padahal hobi berkebun mempunyai banyak manfaat, tidak hanya untuk memetik hasilnya ketika panen, berkebun juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun psikis. Berikut beberapa manfaat berkebun untuk kesehatan :

Kesehatan kulit.

Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh optimal, oleh sebab itu ditanam di tempat terbuka dengan penyinaran yang cukup. Ketika kita berkebun otomatis tubuh terutama kulit yang terbuka akan mendapat paparan sinar matahari. Hal ini sangat baik bagi kesehatan kulit, karena sinar matahari terutama sinar pagi bermanfaat dalam pembentukan vitamin D.

Ketika sinar ultraviolet mengenai kuli, sinar tersebut dapat merubah simpanan kolesterol dikulit menjadi vitamin D. Dalam waktu 5 menit saja dapat memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh (doktersehat.com)

Kesehatan mata

Warna hijau seperti warna daun pada umumnya dipercaya dapat memberikan efek menenangkan dan menyenangkan, sehingga bisa meningkatkan mood seseorang.

Warna hijau memiliki arti keseimbangan. Ia memiliki manfaat positif bagi kita, misalnya membawa harmoni dalam kehidupan sehari-hari, keseimbangan emosi, penyegaran mata dan pikiran, menenangkan, membuat kita peduli akan lingkungan, keseimbangan pikiran, dan membawa kedamaian (hellosehat.com)

Melemaskan otot

Bagi orang yang mempunyai aktivitas seharian duduk dikursi menghadapi layar komputer selama berjama-jam, tak terasa dapat menyebabkan kekakuan sendi-sendi yang disebabkan penumpukan asam laktat. Dengan berbaur langsung dengan alam dan menghirup oksigen segar, maka akan membantu meningkatkan melancarkan sirkulasi udara dalam tubuh.

Melatih konsentrasi

Berkebun bisa jadi hanya menjadi hobi yang dikerjakan disela-sela waktu senggang. Hobi termasuk pilihan aktivitas paling menyenangkan bagi anda. Tentunya ketika mengerjakan sesuatu yang menyenangkan akan selalu mengarahkan pikiran kita ke aktivitas hobi tersebut. Artinya konsentrasi akan selalu tertuju pada hal yang menjadi fokus.

Dengan aktivitas berkebun, hobiis bisa melatih konsentrasi tanpa terganggu oleh pikiran lainnya. Suasana tenang dan pasokan udara segar dari tanaman akan membantu melatih pikiran tetap jernih dan fokus pada pekerjaan.

Melatih kesabaran

Tumbuhan merupakan mahluk hidup yang tidak mempunyai suara ataupun begerak berpindah tempat seperti manusia atau hewan. Komunikasi hanya terlihat dari gejala tumbuh, seperti tinggi, pertambahan jumlah daun, waktu berbunga atau berbuah.

Hasil tanaman yang dirawat pun tidak selalu bagus, terkadang untuk menghasilkan bunga atau buah membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Namun disitulah seninya dalam berkebun, menunggu suatu proses kehidupan. Suatu nilai yang akan mengingatkan kita akan kebesaran Sang Pencipta dan melatih diri untuk senantiasa sabar dalam menjalani proses.

 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.