sayur bayamBENIHPERTIWI.CO.ID – Bayam bisa dibilang sayuran ecek-ecek, murahan, seribu dapat tiga iket. Namun dibalik daunnya tersebut ternyata menyimpan manfaat yang dapat membuat anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Bayam bisa menurunakan risiko penyakit kelas elit. Tidak percaya?

Berikut tujuh manfaat bayam bagi kesehatan:

1. Jantung : Bayam mengandung antioksidan yang mampu menghindari penumpukan kolesterol di pembuluh darah sekaligus mengurangi tekanan darah dan membuat jantung lebih sehat. Bayam mengandung folid acid yang berfungsi melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa. Glukosa sendiri juga dapat menjadi penyebab penyakit diabetes.

2. Tulang : Bayam mengandung vitamin K yang membantu penyerapan calsium oleh tulang dan membuat lebih kuat.

3. Mata : Bayam mengandung vitamin yang sangat berguna untuk meningkatkan daya penglihatan.

4. Pencernaan : bayam mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan

5. Kehamilan : didalam folic acid mengandung vitamin B9 yaitu vitamin yang menjadi suplemen bagai ibu hamil dalam melindungi bayinya dari cacat dan bagian syaraf.

6. Kanker : kandung flavonoid pada bayam mampu mencegah risiko kanker kolon, paru-paru, ovarium dan prostat.

7. Kebugaran : bayam kaya dengan zat besi untuk pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya jika tubuh kekurangan zat besi adalah mudah mengantuk, lemas, dan anemia.

Dengan manfaat yang sudah disebutkan diatas, tidak ada alasan buat kita untuk tidak mengkonsumsi sayur bayam dengan cara yang tepat.

Cara yang tepat dalam mengkonsumi bayam adalah :

1. Tidak dimasak kembali. : kandungan Fe2+ jika dioksidasi akan berubah menjadi Fe3+ yang dapat menjadi racun bagi tubuh.

2. Tidak disimpan lebih dari 5 jam : kandungan nitrat lebih dari 5 jam dapat menyebakan sel darah tidak dapat mengikat oksigen dan  kekurangan oksigen.

3. Tidak dimasak menggunakan bahan alumunium : kandungan besi pada bayam  jika dipanaskan bersama alumunium  dapat bereaksi dan menghasilkan senyawa racun  berbahaya bagi tubuh.

 

Membuat Sayur Bening Bayam Pertiwi

Setelah mengetahui bagaimana manfaat sayur bayam buat kesehatan beserta aturan penting dalam memasak bayam, Chef Tiwi akan memberikan resep mudah dan sangat sederhana untuk memasak sayur bening bayam dari Benih Pertiwi yaitu bayam Dakotan atau bayam Retina.

chef tiwi - Copy

Bahan:

2 ikat bayam dakota atau bayam retina
3 butir bawang putih, diiris tipis
4 cm temu kunci, dimemarkan
1 buah tomat, dipotong panjang
5 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
2.500 ml air

Cara membuat:

1. Panaskan air hingga mendidih
2. Masukkan bawang putih dan temu kunci
3. Rebus hingga harum
4. Tambahkan bahan lainnya tomat, garam dan gula pasir.
5. Masak hingga mendidih
6. Masukkan bayam dan tunggu hingga matang (jangan terlalu lama agar kandungan vitamin tidak hilang).

Mudah bukan? Selamat mencoba ya…

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.