Panen Semangka Topaz di Kaltim (foto: Ikhwan)

BENIHPERTIWI.CO.ID – Semangka Topaz merupakan salah satu jenis varietas semangka non biji dari Benih Pertiwi yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan varietas lain.

Hal ini bisa dilihat dari hasil panen semangka topaz saat acara syukuran milik Purnomo, petani semangka dari Desa Sumber Sari Sebakung 3, Kecamatan Babulu Kab. PPU Prov. Kalimantan Timur.

Sejak awal, daya tumbuh Semangka Topaz sangat baik, di persemaian ataupun setelah pindah tanam. Hal ini turut diiyakan oleh beberapa petani yang sudah menanam semangka Topaz di area Kaltim.

Dari segi rasa, semangka Topaz tak kalah dengan semangka lainnya, rasa sangat manis dengan tingkat kemanisan mencapai ± 12° brix.  Tangkai pada buah lebih kuat dan besar sehingga tidak mudah putus saat masa pembuahan. Topaz memiliki kulit yang tebal sehingga untuk urusan daya simpan tidak perlu diragukan.

Pada demplot kali ini Purnomo mencoba untuk membuahkan 2-3 per tanaman, ternyata hasil berat rata-ratanya sekitar 4-6 Kg. Berat ideal untuk pasaran yang membutuhkan semangka dengan berat sedang. Sedangkan sebelumnya Purnomo menanam satu pohon satu buah dalam kondisi kurang air dan hasilnya semangka Topaz bisa sampai 9,2 kilo. Padahal semangka varietas lain hanya mampu sampai 7,5 kilo.

Artinya besar kecil ukuran semangka Topaz dapat diatur melalui jumlah buah pertanaman. Jika membutuhkan ukuran sedang, bisa membuahkan lebih dari satu buah per tanaman. Namun jika membutuhkan buah semangka yang besar atau jumbo, bisa dengan menjadikan satu buah pertanaman.

(Cr : M. Ikhwan K.)

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.