Melon Pertiwi Anvi

BENIHPERTIWI.CO.ID – Buah melon merupakan salah satu buah populer yang dikonsumsi berbagai kalangan, dari anak-anak hingga dewasa, dari sajian buah segar pinggir jalan hingga hidangan mewah di restaurant berbintang. Aroma dan rasa manis yang khas membuat melon cepat dikenal dan disuka.

Hal ini yang menyebabkan permintaan tinggi dan produksi besar di berbagai sentra produksi di Jawa maupun Luar Jawa. Peningkatan Intensitas penanaman melon diberbagai daerah ternyata juga diiringi oleh perkembangan penyakit tanaman yang disebabkan oleh virus, salah satunya yaitu gemini virus atau virus kuning.

Virus ini disebarkan oleh serangga pembawa seperti kutu kebul, thrips dan tungau. Infeksi bisa terjadi sejak persemaian hingga pindah lapang. Merebaknya serangan gemini virus sangat merugikan petani melon. Kerusakan yang ditimbulkan bisa menyebabkan gagal panen. Akibatnya banyak petani di sentra produksi yang kemudian trauma menanam melon lantaran serangan penyakit kuning tersebut.

Meski hingga saat ini serangan gemini virus belum ada obatnya. Satu-satunya cara ampuh yang bisa mengatasi serangan gemini virus adalah dengan menggunakan benih tahan virus, yaitu benih yang secara genetic mempunyai ketahanan alami.

Untuk itu Benih Pertiwi sebagai produsen benih unggulan juga mengembangkan benih melon tahan gemini virus yang dilepas dengan nama Melon Pertiwi. Ketahanan Melon Pertiwi sudah teruji yaitu, melalui penanaman di sentra produksi melon yang endemis, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hasilnya melon Pertiwi, mampu panen dengan maksimal dan memuaskan. Petani dan pedagang pun nampak antusias karena nantinya bisa tanam melon kapan saja tanpa kwatir serangan gemini virus.

Melon Pertiwi, Tidak hanya unggul dalam ketahanan virus, tetap juga keunggulan lainnya yang menguntungkan petani dan pedagang. Seperti umur panen singkat, hanya 60-63 hari setelah tanam, melon Pertiwi sudah siap panen.

Saat panen pun, penampilan melon Pertiwi sangat menarik, dengan net rapat, warna kuning merata dan  tingkat kemanisannya mencapai 12 brix, tak heran Melon Pertiwi disuka pedagang yang kerap memburu kualitas super. Karena umumnya melon anti virus yang sudah ada di pasaran, tingkat kemanisannya kurang, namun untuk Melon Pertiwi  tingkat kemanisannya seperti melon non anti virus.

Untuk produktivitas, melon Pertiwi bisa diandalkan dengan rata-rata berat 2 kilogram per buah dan potensi 31-39 ton per hektar. Melihat performa Melon Pertiwi ini, nampaknya ancaman gemini virus sudah tidak lagi menjadi masalah besar. Dengan memilih benih yang tepat, peluang panen melimpah terbuka semakin lebar.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.