Pilih jagung mana - CopyBENIHPERTIWI.CO.ID – Penyakit bulai disebabkan oleh Sclerospora maydis, salah satu cendawan jenis Phycomycetes yang mempunyai hifa tidak bersekat. Bulai atau penyakit putih merupakan penyakit jagung yang tidak bisa dilihat oleh sebelah mata. Karena jika sudah terkena bulai, terutama pada fase bibit maka tongkol jagung tidak akan berkembang dan bahkan gagal panen.

Serangan bulai pada tanaman jagung bisa terjadi sejak fase bibit hingga umur 30-40 hari. Jika serangan terjadi pada fase bibit, maka daun akan berubah warna hijau muda, kuning dan dibawah daun terdapat lapisan putih berupa spora cendawan. Bibit yang terserang tidak akan berkembang besar, atau jika bertahan hidup maka tidak akan menghasilkan tongkolĀ  hingga akhirnya mati. Sedangkan jika serangannya terjadi pada saat umur menjelang bunga maka tanaman masih bisa menghasilkan tongkol namun biasanya tidak bisa besar, biji tidak terisi sempurna dan daun kelobot tidak tertutup rapat.

Serangan bulai yang terjadi setelah pembentukan tongkol, biasanya tidak begitu berpengaruh dan hanya terlihat di daun menguning.

Pencegahan :

1. Menggunakan varietas jagung yang tahan bulai, seperti jagung Pertiwi 2 dan Pertiwi 3.

2. Cabut segera tanaman yang terserang. Seperti joke yang sering diungkapkan ketika terjadi serangan bulai yaitu gunakanlah obat bulai cap jempol yaitu mencabut dengan tangan.

3. Menjaga selalu kebersihan lahan dari gulma.

BACA LAINNYA

2 Response Comments

  • taqwa05/04/2016 at 3:29 pm

    Saya ingin menjadi agen benih jagung di wilayah kab bojonegoro Selatan perbatasan ngawi,siapa Sales yg harus saya hubgi?

    Reply
    • Admin11/04/2016 at 10:09 am

      untuk informasi Bojonegoro bisa menghubungi Bp. Ahmad Anas 081234554366 ya pak. Tks

      Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.