tip burn tomat

BENIHPERTIWI.CO.ID – Gosong pada tepi daun biasa terjadi saat kelembaban nisbi atau relative humidity (RH) <70%, yaitu kondisi kandungan air di udara rendah.

Pada RH rendah <70%, penguapan atau evapo traspirasi terjadi sangat cepat, jika tidak diimbangi oleh pasokan air dari akar maka tanaman akan layu karena kekurangan air.

Air diserap oleh akar kemudian diangkut keseluruh bagian tanaman hingga ke ujung dan tepi daun melalui pembuluh xilem. Pada bagian tepi daun terdapat bagian hidatoda yang berfungsi sebagai penyaring, menahan hara agar tidak keluar namun air dapat keluar bebas.

Jika konsentrasi hara yang tertahan di tepi daun tersebut semakin tinggi, maka akan terjadi plasmolisis, yaitu lepasnya ikatan sitoplasma dari dinding sel. Akibatnya sel mengkerut, mati dan berubah menjadi hitam. Hidatoda yang berada ditepi daun dan menghitam tersebut disebut tip burn.

Dengan munculnya tipburn pada sayur daun akan menyebabkan mutu sayuran turun dan harga rendah.

Tipburn dapat dicegah dengan menjaga kelembaban udara pada kondisi ideal, seperti meningkatkan RH dengan penggunaan sprinkler yang dapat meningkatkan kandungan air udara, saat pemupukan perlu memperhatikan pasokan air agar unsur hara dapat terlarut dengan baik. Selain itu aplikasi pupuk ca semenjak tanaman masih kecil dapat memperkuat dinding sel tanaman.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.