tumpang-sari-jagung-pertiwi-6-dan-cabai-vega

Tumpang sari jagung Pertiwi-6 dan Cabai Vega

BENIHPERTIWI.CO.ID – Seringkali ide kreatif muncul dari keterbatasan, termasuk banyak cara untuk meningkatkan keuntungan dengan modal yang terbatas. Teknik tumpang sari atau tumpang sela tanaman merupakan  cara kreatif untuk memaksimalkan hasil dari setiap jengkal tanah garapan.

Budidaya tanaman secara tumpang sari dapat diterapkan selama tidak mengganggu pertumbuhan antar tanaman terutama tanaman utamanya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kompetisi unsur hara dan cahaya matahari. Apakah antar tanaman menjadi sumber inang hama penyakit pada tanaman lainnya atau tidak. Hal terpenting adalah menyesuaikan waktu tanam yang tepat sesuai umur panen setiap jenisnya.

Dengan tumpang sari, selain dapat memaksimalkan sumber daya lahan, tentu juga dapat meningkatkan penghasilan petani. Karena dengan tumpang sari dapat menanam dan menghasilkan dua jenis panen sekaligus, atau setidaknya dapat mempercepat waktu tanam dan meningkatkan frekuensi panen.

User comments

Tumpang sari tomat dan kubis

Beberapa tanaman yang umumnya di tumpangsarikan seperti jagung dan cabai keriting, jagung manis dan cabai rawit, jagung dan kacang panjang, tomat dan kubis, tomat dan bawang. Tentu banyak kombinasi lainnya yang dapat kita coba untuk mengoptimalkan setiap jengkal tanah.

Selamat mencoba.

 

 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.