Foto: Vertical Pinkhouse Caliber Biotherapeutics (inhabitat.com)

BENIHPERTIWI.CO.ID – Upaya mengganti cahaya matahari dengan lampu listrik untuk memenuhi kebutuhan tanaman merupakan ide lama yang sudah lama dikembangkan.

Sebenarnya untuk apakah kegunaan lampu tersebut sehingga perlu dikembangkan ? Padahal di Indonesia cahaya matahari melimpah selama setahun penuh tanpa perlu tambahan lampu surya.

Jawabannya adalah bukan karena cahaya matahari akan berkurang dimasa mendatang, tapi karena diyakini pertanian vertical akan menjadi pertanian masa depan.

Pertanian vertikal diyakini menjadi solusi dalam menghemat lahan dan meningkatkan produksi pertanian, ditengah meningkatnya kebutuhan pangan oleh pertambahan penduduk dunia.

Pertanian vertikal merupakan teknik budidaya tanaman dimana tanaman disusun dan ditumpuk ke atas secara vertical. Tanaman membutuhkan cahaya matahari ekstra karena cahaya matahari tidak bisa tembus ke dalam susunan rak tanaman. Oleh sebab itu lampu khusus digunakan dan dikembangkan untuk mengganti peran cahaya matahari tersebut.

Pinkhouse

Salah satu model pertanian vertical adalah pinkhouse  dari Caliber Biotherapeutics, Bryan, Texas (inhabitat.com) dimana lampu pengganti cahaya matahari yang digunakan adalah lampu berwarna perpaduan merah dan biru. Dengan lampu khusus, lahan pertanian modern tersebut disusun setinggi 15 meter, luas sekitar 1.3 ha dan dapat menampung 2.2 juta tanaman, Pinkhouse terlihat mencolok dengan warna magenta menyala.

Pinkhouse tidak menggunakan cahaya putih karena kombinasi panjang gelombang merah dan biru dinilai cukup sebagai gelombang yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Sehingga pinkhouse dapat menghemat penggunaan listrik.

Meskipun umumnya tanaman membutuhkan gelombang lainnya, namun kebutuhan gelombang merah dan biru merupakan yang paling besar. Dengan model ini pertumbuhan tanaman dari pinkhouse mampu menghasilkan panen lebih cepat dan lebih efisien dalam menggunakan cahaya.

Meskipun penerapan teknologi ini masih membutuhkan riset panjang, terutama dalam meminimalisir biaya produksi dan dampak terhadap lingkungan. Nantinya dengan teknonologi ini kita bisa menanam tanaman dimana saja. Di dalam ruangan bertingkat atau di ruang bawah tanah.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.