ketut wiraga

I Wayan Wiraga di tengah hamparan Mentimun Jepang Expo

BENIHPERTIWI.CO.ID – Sebagai daerah wisata, pulau Bali mempunyai banyak restaurant dan hotel yang menyediakan masakan kelas atas, termasuk masakan yang berbahan mentimun Jepang.

Seperti namanya, mentimun Jepang banyak ditemui pada masakan Jepang. Namun di Bali, mentimun Jepang tidak hanya untuk wisatawan, masyarakat Bali pada umumnya juga biasa mengkonsumsi jenis mentimun ini.

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Mentimun Jepang dikenal dengan warna hijau pekat, buah memanjang dan daging buah lebih padat dari mentimun umumnya.

Mentimun Jepang EXPO dari Benih Pertiwi banyak ditanam petani mentimun di Bali, khususnya di daerah Badung Utara. Selain karena kebutuhan pasar mentimun yang tinggi, Mentimun Hibrida Expo  merupakan mentimun Jepang yang mempunyai banyak keunggulan, sehingga tidak heran jika mentimun Expo dapat diterima baik oleh petani dan pasar di Bali.

mentimun expo

Mentimun Jepang Expo, buah lebat muncul dari ruas bawah.

Salah satu keunggulannya adalah produktivitas tinggi. Hal ini bisa dilihat dari munculnya buah hampir di setiap ruas tanaman, bahkan buah muncul dari ruas-ruas bawah, merata hingga ruas atas. Ketahanan penyakitnya pun sangat baik, meskipun pada saat cuaca extreme, sehingga mudah dalam perawatan. Tidak hanya itu, hingga akhir panen, kualitas buah mentimun Expo sama seperti panen pertama, panjang, lurus dan berbobot.

Salah satu petani mentimun, I Wayan Wiraga, menanam Expo sejak tahun tahun 2013, telah membuktikan keunggulan Expo dibandingkan produk lain, “Mentimun Jepang kalau tidak seperti Expo tidak diterima di pasar, kalau Expo memuaskan bagi pasar. Sebagain besar petani menanam Expo meskipun sedikit-sedikit, mungkin per orang tiga ribu tanaman, ada juga petani besar yang tanam hingga puluhan ribu tanaman ”

“Menanam Expo tidak akan mengecewakan, per pohon bisa tiga kilogram bahkan lebih.” Tambahnya menjelaskan.

 

 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.