BENIHPERTIWI.CO.ID – Jika benih kacang hijau yang baru berkecambah disebut tauge, maka microgreen bisa juga disebut tauge yang berasal dari aneka jenis sayuran.

Pada prinsipnya, semua benih sayur dapat dibuat microgreen. Karena microgreen berasal dari benih tanaman yang baru tumbuh atau berkecambah. Bagian yang dikonsumsi adalah seluruh tanaman itu sendiri kecuali akar .

Sebagian menyebutkan bahwa microgreen berbeda dengan kecambah, karena biasanya microgreen dipanen saat muncul daun sejati pertama, sedangkan kecambah tauge sendiri dipanen sebelum muncul daun sejati atau baru muncul daun kotilen.

Microgreen berasal dari kata micro artinya  sangat kecil atau mini, sedangkan green berarti hijau atau sayuran. Sehingga bisa diartikan bahwa microgreen merupakan sayuran kecil atau sayuran mini.

Isitilah microgreen sudah dikenal sejak tahun 1997 namun hingga kini hanya kalangan tertentu saja yang sudah memanfaatkan, seperti restauran dan hobiis sayuran. Padahal dengan berbagai keunggulan microgreen, sayuran ini bisa dipopulerkan sebagai makanan sehat masa depan.

Menurut penelitian, sayuran microgreen mempunyai kandungan nutrisi lebih lengkap dibandingkan tanaman dewasa.  Tak heran jika cita rasa microgreen  lebih khas dan berbeda dengan rasa sayuran dewasanya. Selain itu, microgreent mudah dicerna tubuh karena masih muda dan lunak.

Perkembangan dari benih menjadi microgreen

Benih merupakan bagian tanaman yang berfungsi sebagai bahan perbanyakan. Benih mengandung informasi lengkap suatu tanaman, baik genetik hingga komponen kimia untuk tumbuh dan berkembang.

Benih mengandung bahan makanan yang digunakan untuk tumbuh pertama kali, bahan makanan tersebut disebut kotiledon. Setelah benih menyerap air, maka titik tumbuh benih akan tumbuh dan berkembang. Saat itulah bahan makanan dikotiledon mulai digunakan untuk tumbuh.

Kecambah akan terus memanjang mencari sumber cahaya matahari untuk proses lebih lanjut. Reaksi kimia terjadi saat kecambah yang mengandung klorofil (zat hijau daun) terkena cahaya matahari. Klorofil berfungsi dalam pembuatan bahan makanan, seperti pati, serat, vitamin dan mineral.

Setelah daun kotiledon muncul, kemudian menyusul daun sejati yang akan tumbuh setelah umur 7-14 hari. Saat muncul daun sejati ini, tanaman microgreen sudah bisa dipanen dengan cara dipotong dari pangkal batang. Microgreen mengandung nutrisi yang berbeda-beda, tergantung jenis benih yang digunakan.

BACA LAINNYA

2 Response Comments

  • Yuli07/10/2017 at 8:01 pm

    Microgreen bs dari benih apa saja? Dimakan mentah apa dimasak sebaiknya?

    Reply
    • Admin09/10/2017 at 8:30 am

      Umumnya dari benih sayur-sayuran dan biasany dikonsumsi mentah dengan campuran salad bu..

      Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.