jerami

Jerami Padi sebagai bahan organik

BENIHPERTIWI.CO.ID – Secara alami, bahan organik seperti sisa tanaman dan kotoran hewan dapat terurai menjadi pupuk organik yang dapat diserap oleh tanaman. Proses penguraiannya dibantu oleh makroorganisme dan mikroorganisme yang berada di dalam tanah.

Bahan organik dihancurkan oleh organisme. Kemudian unsur-unsur yang sudah terurai diikat menjadi senyawa. Senyawa yang berwujud amonium dan nitrat tersebut larut dalam air sehingga memudahkan ketika diserap akar tanaman.

Beberapa organisme yang berperan dalam pembentukan pupuk organik di tanah adalah sebagai berikut :

Makrooganisme : seperti Cacing tanah (Lumbricus sp), berperan dalam menghancurkan bahan kasar menjadi halus, memiliki peranan sangat penting dalam proses pencernaan bahan organik, kotoran cacing tanah mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman seperti natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (mg) dan fosfor (P). Selain itu cacing tanah dapat memperbaiki aerasi udara bawah tanah yang dihasilkan dari aktivitas membuat lubang dalam tanah.

Mikroorganisme : Merupakan orgnisme dengan ukuran sangat kecil yang berperan penting dalam menguraikan bahan organik. Seperti :

1. Ganggang : mikroorganisme yang mengandung klorofil, memperoleh energi dari bahan organik dan mampu mengikat nitrogen dari dalam air tergenang dan disinari matahari.

2. Fungi : mikroorganisme tidak berklorofil yang memperoleh energi dan karbon dari bahan organik. Berfungsi dalam merombak selulose, lignin, protein dan gula. Dalam perombakan akan dilepaskan unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K) dan sulfur (S). Hifa atau miselium yang menyebar dan menembus tanah berperan memperbaiki aerasi tanah.

3. Actinomycetes : merupakan organisme antara fungi dan bakteri yang berperan dalam proses penguraian dan pembebasan unsur hara.

4. Bakteri : berperan penting dalam proses penguraian melalui proses nitrifikasi, oksidasi sulfur dan fiksasi nitrogen. Bakteri terbanyak berada di lapisan tanah atas dengan bahan organik dan aerasi lebih baik.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.