paria asoka

Paria Asoka

BENIHPERTIWI.CO.ID РJaman sekarang bukan waktunya lagi anti sayuran pahit! pepatah bilang, janganlah terlalu membenci musuh, karena bisa jadi musuh yang anda benci kelak  menjadi sahabat, atau sebaliknya sahabat yang terlalu kita sayangi bisa jadi musuh. Ketika berbagai penyakit kelas tinggi bermunculan, ternyata dari penelitian membuktikan bahwa sebagian obatnya justru dari bahan makanan yang dirasa pahit tersebut. Salah satu sayur dengan rasa pahit adalah sayur paria atau pare. Banyak orang menghindari sayuran paria karena mempunyai rasa pahit. Namun dibalik rasa paria mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah paria untuk kesehatan.

1. Anti kanker

Rasa pahit paria berasal dari konsentrasi tinggi kuinin yaitu zat aktif yang dapat mengobati malaria. Termasuk didalamnnya senyawa-senyawa kimia yang mampu melindungi mata akibat usia lanjut, sebagai antioksidan, mampu menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Kolesterol

Kandungan paria dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan kadar lemak tubuh. Ketika kadar kolesterol dalam darah menurun, risiko penyakit seperti hipertensi dan jantung juga dapat ditekan. Seperti halnya type sayur buah, sayur paria mempunyai kandungan air yang tinggi. Kadar air yang tinggi dapat mencegah dehidrasi dan mencegah makan lebih banyak.

3. Menstabilkan kadar Insulin

Salah satu indikasi kadar insulin di dalam tubuh tinggi adalah selalu merasa lapar sehingga membuat nafsu makan meningkat. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan kadar insulin yang tidak normal. Rasa pahit dalam paria dapat menstabilkan kadar insulin di dalam tubuh.

4. Diet Sehat

Serat dalam sayuran mempunyai efek mengenyangkan namun tidak membuat gemuk, sehingga saat makan kita dapat mengatur porsi makanan kita. Selain serat juga dapat merangsang pengeluaran kotoran dari dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih ringan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan pahit juga merangsang pembuangan racun dan lemak dari liver sehingga membuat daya tahan tubuh meningkat. Dengan Kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh tersebut, buah paria juga diyakini dapat menekan perkembangan HIV. Namun demikian hasil penetitian membuktikan paria dapat membunuh sperma dan mencegah kehamilan. Oleh sebab itu paria tidak diperbolehkan untuk wanita hamil atau yang ingin segera mempunyai keturunan.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.