Buncis Pertiwi (foto: Yudi Arjuno)

BENIHPERTIWI.CO.ID – Selera pasar seringkali sulit bergeser, penyebabnya bisa jadi karena pengaruh budaya atau pola hidup masyarakat setempat yang sudah mengakar kuat. Atau bisa jadi karena kebiasaan pedagang di pasar yang sulit beralih ke produk lain.

Namun tidak selamanya selera pasar tersebut tidak bisa diubah, karena perkembangan jaman dan teknologi bisa membawa pandangan baru bagi sebuah pasar.

Seperti misalnya yang terjadi di Lampung, yang notabene selera buncisnya bertype pendek dan putih. Jika suatu waktu petani memasok buncis dengan type panjang dan hijau tentu akan ditolak oleh pasar, atau meski diterimapun tentu akan dihargai lebih murah dari buncis biasanya.

Hambatan tersebut juga terjadi saat awal pengenalan buncis Pertiwi yang mempunyai karakter berbeda dari type pasar yang ada.  Baik petani maupun pedagang awalnya ragu-ragu untuk mengembangkan buncis Pertiwi, namun  setelah di tingkat konsumen bisa menerima dan membuktikan hasilnya yang super, akhirnya selera pasarpun perlahan mulai berubah.

Seperti cerita Imam, petani buncis dari Ds. Umbul Baru. “Awalnya saya ragu mas bawa hasil panen ke kios karena Buncis Pertiwi ini warna hijau. Ternyata kios bilang buncisnya masuk, bagus pak. meski panjang tapi lentur. Pedagang yang di Karang puas dan minta buncis yang kayak gitu lagi. Saya bilang ke kiosnya, kalo penjualan lancar saya nanti tanam buncis itu lagi.”

Bagi pasar yang tetap menginginkan buncis type putih, buncis Pertiwi juga bisa dimodifikasi menyerupai putih melalui penanaman yang agak rapat. Salah satu petugas lapang di Sekincau, Yudi Arjuno menjelaskan “Kita perkenalkan buncis Pertiwi ke petani dengan tehnik penanaman yang agak rapat supaya buncis Pertiwi saat di panen warnanya agak putih.”

Lambat laun persoalan warna putih dan hijau tidak ada masalah di pasaran. Sekarang di Lampung Barat, terutama di Sekincau, kalau bicara buncis pasti buncis Pertiwi. Keunggulan Buncis Pertiwi sudah terbukti, buahnya super lebat, polongnya panjang-panjang, warna hijau segar dan lebih tahan cuaca Panas. Tren pasar sudah berubah, mau hijau atau putih sekarang tidak jadi masalah.

Buncis pertiwi buah panjang tapi lentur, warna buah hijau, justru itu kelebihannya dan juga buncis Pertiwi lebih tahan cuaca kemarau. Berawal dari dengar kemudian mencoba dan berhasil, pada ahirnya mempercayakan benihnya dari produk PT. Agrimakmur Pertiwi. Salam Sukses !

(Cr: Yudi Arjuno)

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.