Net melon mulai terbentuk

BENIHPERTIWI.CO.ID – Agar net melon dapat terbentuk sempurna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.  Bakal buah melon mulai terlihat pada umur 25-35 Hari Setelah Tanam (HST), pada saat ini seleksi buah sudah bisa dilakukan yaitu dengan memilih buah terbaik dan membuang buah yang tidak memenuhi syarat.

Seperti untuk melon Pertiwi Anvi : hindari pembesaran bakal buah dibawah ruas ke delapan, karena buah sulit besar dan cepat matang selain itu buah diatas ruas 10 sebainya juga dibuang karena umurnya terlalu lama. Sebaiknya pilih buah pada ruas 8, 9 dan 10.

Topping atau potong ujung cabang pada buah yang sudah diseleksi dan disisakan satu daun diatasnya.

Kemudian umur 38-40 HST buah yang terseleksi dibandul atau digantung agar dapat berkembang optimal. Satu buah diikatkan pada satu lanjaran, buah lainnya dipisah dan diikat dilanjaran lainnya. Cegah buah berdempetan agar tidak meninggalkan bekas dan busuk pada daerah yang bersentuhan. Hal ini yang bisa membuat cacat pada net melon. Selain itu buah yang menempel langsung pada mulsa plastik juga dapat menimbulkan bekas pada net atau kulit buah.

Serangan hama atau penyakitpun bisa menjadi faktor penyebab tidak sempurnanya pembentukan net melon. Seperti serangan virus gemini virus dapat membuat permukan kulit buah menjadi berkerut dengan bentuk tidak normal. Oleh sebab itu pengendalian penyakit dan suplemen pemupukan harus diberikan secara tepat, baik dosis, cara dan waktu.

Agar pembentukan net, ukuran dan rasa melon optimal. Sekitar umur 45-50HST  ketika buah sudah mulai membesar dan net mulai terbentuk, bisa dilakukan pemberian pupuk kalsium agar pembentukan net bagus dan tidak pecah, pemberian pupuk KCl agar lebih manis dan pupuk KNO3 putih untuk pembesaran buah.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.