BENIHPERTIWI.CO.ID – Pada umumnya petani memanfaatkan hujan untuk mengairi sawah atau ladang. Memanfaatkan sumber daya alami memang menguntungkan, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan air. Namun ketergantungan terhadap hujan ini kemudian menciptakan periode tanam yang akhirnya menjadi cikal bakal panen serentak. Panen secara bersama dalam jumlah besar dapat menjatuhkan harga. Selama ini sistem yang umum digunakan petani di Indonesia adalah sistem pengairan dengan cara manual yaitu dengan sistem penggenangan, menggunakan embrat, sprayer atau hanya sistem pasrah menunggu hujan turun dari langit.

Jika didalam negeri lebih banyak tergantung dengan kemurahan alam. Lain halnya dengan petani di negara barat yang sudah menggunakan teknologi dalam mengairi lahannya. Bermacam teknik yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik komoditas dan luas lahan garapan. Efisiensi, manajemen risiko dan skala ekonomi menjadi hal pokok dalam budidaya.

Berikut ini merupakan gambaran beberapa pengairan di negara barat  yang jarang ditemui di Indonesia. Semoga terinspirasi.

1. Poweroll

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Pivot

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Drip & micro

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Handmove

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Big gun.

 

 

 

 

 

 

 

 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.