weedingBENIHPERTIWI.CO.ID – Gulma merupakan tanaman selain tanaman utama. Pengendalian gulma pada tanaman jagung perlu dilakukan karena gulma dapat menyebabkan kompetisi pupuk dan cahaya matahari. Selain itu gulma juga dapat menjadi inang hama penyakit.

Pengendalian gulma jagung dilakukan melalui :

1. Pengolahan tanah menggunakan bajak sapi atau traktor sebelum tanam.

Pengolahan tanah selain dapat menggemburkan tanah juga dapat menghambat pertumbuhan gulma pada fase-fase awal pertumbuhan.

2. Secara manual Bisa menggunakan cangkul dengan pendangiran yaitu membersihkan gulma sekaligus memperkuat akar pada saat tanaman masih berumur 25-35 HST. Selain dengan cangkul, pendangiran juga dapat menggunakan bajak kecil untuk meninggikan tanah sekaligus mengangkat gulma disekitar pangkal batang jagung.

Pengendalian manual biasanya dilakukan bersama dengan pemupukan kedua. Setelah pemupukan, tanah dan gulma yang berada disekitar akar dibumbun diatas pupuk. Hasilnya gulma bersih, tanah semakin gembur, akar lebih kuat dan mengurangi hilangnya unsur pupuk yang menguap.

Pengendalian secara manual lebih ramah lingkungan dan dapat menggemburkan tanah, namun membutuhkan tenaga kerja lebih banyak dibandingkan menggunakan herbisida.

3. Secara kimia menggunakan herbisida. Aplikasi herbisida dapat dilakukan pada saat sebelum tanam dan setelah tanam. Penyemprotan herbisida sebelum tanam biasanya dilakukan pada metode tanam TOT atau Tanpa Olah Tanah dengan menggunakan herbisida sistemik. Sedangkan penyemprotan herbisida setelah tanam sebaiknya menggunakan herbisida kontak atau selektif jagung.

Yang perlu diperhatikan saat penyemprotan adalah jangan sampai kena titik tumbuh tanaman. Penyemprotan lebih aman dilakukan saat tanaman sudah agak tinggi (40-50 cm) atau berumur 30 HST untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Pengendalian menggunakan herbisida dapat menghemat penggunaan waktu dan tenaga kerja, namun penggunaan secara berlebihan dapat merusak tanah dan lingkungan.

 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.