rambut-tongkol

Rambut tongkol jagung

BENIHPERTIWI.CO.ID – Biji jagung berasal dari peleburan serbuk sari dan bakal biji. Serbuk sari (bunga jantan) berasal dari bunga yang berada di bagian paling atas tanaman, sedangkan bakal biji (bunga betina) berada di dalam tongkol yang berada dibawahnya atau sekitar pertengahan tinggi tanaman.

Meski bunga jantan dan betina berada dalam satu tanaman, namun kenyataanya penyerbukan terjadi 95% dari benang sari tanaman jagung lainnya.

Bunga Jantan menghasilkan 2-25 juta butir serbuk sari dalam jangka waktu 5-12 hari. Serbuk sari menyebar secara alami dengan bantuan angin, serangga atau burung. Setiap bakal biji mempunyai satu rambut dengan bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menangkap serbuk sari

Melalui rambut, serbuk sari tersebut diteruskan hingga bertemu bakal biji dibagian pangkal. Jika kita tarik satu rambut jagung, maka akan terlihat setiap rambut tersambung dengan satu bakal biji.

1 rambut menghasilkan 1 biji jagung  (one silk one seed)

Setiap serbuk sari yang berhasil bersatu dengan bakal biji kemudian akan berkembang menjadi biji jagung. Biji jagung inilah yang kemudian dipipil dan dimanfaatkan secara komersial.

Bunga jantan (mengandung serbuk sari)

Dengan demikian, penyebab tongkol jagung bogang pasti terkait dengan proses pembentukan biji tersebut, yaitu sebagai berikut :

1. Serbuk sari mati, penyebabnya bisa karena suhu lingkungan terlalu tinggi (cuaca ekstrim >38°C)

2. Angin terlalu kencang, atau tidak ada angin. Akibatnya serbuk sari tidak jatuh ke rambut tongkol dan bakal biji tidak mendapat serbuk sari yang mencukupi.

3. Kekeringan, tanaman jagung kurang mendapat air atau nutrisi yang cukup (unsur N atau P), sehingga biji tidak bisa berkembang optimal.

4. Curah hujan yang terlalu deras atau sering, sehingga mengurangi serbuk sari yang jatuh ke rambut tongkol

5. Jarak tanam yang terlalu rapat, sehingga menghalangi jatuhnya serbuk sari ke rambut tongol.

6. Serangan berat hama trip dan aphid pada rambut jagung

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.