BENIHPERTIWI.CO.ID –¬†Penyerbukan antara serbuk sari bunga jantan dengan putik pada bunga betina merupakan cikal bakal terbentuknya bakal buah pada bunga betina. Secara alami penyerbukan melon terjadi dengan bantuan serangga dan angin. Jika dirasa tidak ada serangga atau cuaca sedang buruk seperti intensitas hujan yang tinggi atau memang sedang musim hujan dimana populasi serangga biasanya berkurang, maka perlu dilakukan penyerbukan buatan.

Penyerbukan buatan pada melon dapat dilakukan pagi hari sebelum matahari terik yaitu sekitar jam 7 – 9. Caranya dengan menempelkan atau mengoleskan serbuk sari bunga bunga jantan ke kepala putik. Satu bunga jantan dapat digunakan untuk 2-3 bunga betina atau bakal buah.

Pilih bakal buah yang diserbuki pada ruas yang disarankan, seperti pada melon Pertiwi disarankan untuk memilih calon buah pada ruas 8, 9, 10. Hal ini dikarenakan untuk buah yang terbentuk sebelum ruas 8 biasanya sulit besar dan cepat matang. Sedangkan buah yang berasal dari ruas diatas 10 umurnya bisa lebih panjang. Oleh sebab itu disarankan pemilihan bakal buah pada ruas optimal.

Untuk penanaman melon di dalam ruangan seperti green house, dimana kondisi tertutup tanpa ada bantuan serangga ataupun angin, penyerbukan tidak dapat terjadi tanpa penyerbuakan secara manual. Kecuali di dalam ruangan dilepas serangga seperti lebah yang dapat membantu penyerbukan.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.