IMG-20140924-WA0001-1 - Copy

Bantaeng, Sulawesi Selatan – 20/09/2014.

Mayoritas masyarakat Desa Kaloling, Kecamatan Gantarang Keke, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi berprofesi sebagai petani jagung. Memasuki musim kemarau seperti saat ini sangat berharap hasil panennya bisa memuaskan dan dapat menanam kembali pada musim penghujan, yaitu sekitar bulan Oktober hingga Desember.

Musim ini PT. Agri Makmur Pertiwi beserta para undangan masyarakat Desa Kaloling melakukan panen raya jagung Pertiwi 3 untuk menguji keunggulan dan ketahanan jagung Pertiwi 3 terhadap penyakit bulai. Varietas Pertiwi-3 memang relatif masih baru dikenal oleh masyakat desa Kaloling dibandingkan varietas lain yang sudah lebih dulu dikenal. Hasilnya, dalam acara yang digagas oleh PT. Agri Makmur pertiwi ini mampu mamuaskan petani, salah seorang peserta yang hadir, Mazuki (56) mengatakan, pada 3 bulan yang lalu dia sempat mencoba varietas pertiwi-3, diantara keunggulan varietas ini yang tidak dimiliki oleh varietas lain adalah ketahanan terhadap penyakit terutama penyakit bulai yang selama ini sangat dikhawatirkan oleh petani, selain itu pemeliharaannya juga cukup mudah dan hasilnya sangat memuaskan, ”Kami yakin musim tanam berikutnya akan banyak petani menanam varietas ini pak……” kata Marzuki yang juga menjabat sebagai ketua kelompok tani desa Kaloling ini.

IMG-20140924-WA00011- - Copy

Sementara itu, Mirdad, petugas lapangan PT. Agri Makmur Pertiwi yang juga merupakan penggagas acara mangatakan, bahwa acara ini sengaja diselenggarakan di desa Kaloling karena selain memiliki potensi penghasil jagung yang cukup besar, diharapkan melalui acara panen raya pertiwi-3 ini dapat lebih mendekatkan petani pada produk-produk dari PT. Agri Makmur pertiwi terutama pertiwi-3, sehingga kedepan petani dapat menanam varietas ini dan mengasilkan panenan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. (RDT)

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.