BENIHPERTIWI.CO.ID – Kayu manis atau Cinnamon merupakan salah satu rempah asli Indonesia.  Ternyata manfaat kayu manis tidak hanya digunakan untuk bahan makanan dan minuman, kayu manis juga bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami, baik sebagai fungisida maupun insektisida.

Mengingat harga kayu manis cukup mahal, penggunaan kayu manis sepertinya hanya untuk skala hobi, kebun rumahan atau nursery saja. Berikut aplikasi kayu manis untuk tanaman yang bisa dicoba dirumah :

Mencegah Pembibitan dari penyakit

Fase pembibitan merupakan fase penting sebelum pindah tanam.  Sumber penyakit tanaman bisa berasal dari pembibitan. Penyebabnya bisa disebabkan dari media atau benih yang terkontaminasi jamur. Untuk menghindari serangan jamur, bubuk kayu manis dapat ditaburkan ke bagian media secara merata.

Mencegah Serangan Semut

Semut atau serangga kecil lainnya yang seringkali menggangu fase bibit bisa dengan mudah diusir dengan bubuk kayu manis. Semut tidak menyukai bau kayu manis dan akan menghindari tempat yang ditaburi serbuk kayu manis.

Fungisida Alami

Tanaman yang terserang jamur bisa diatasi dengan cara merendam bubuk kayu manis semalam dan saring. Kemudian air hasil saringan bisa disemprotkan ke tanaman yang terserang jamur.

Menyehatkan Tanaman Luka

Serbuk kayu manis juga dapat mempercepat penyembuhan luka tanaman. Caranya dengan menebarkan serbuk kayu manis ke bagian luka tanaman.

Perbanyakan Vegetatif

Pada perbanyakan stek, kayu manis dapat digunakan sebagai pestisida alami untuk melindungi pertumbuhan akar. Cara aplikasi yaitu potongan stek dibasahi dengan air steril, kemudian masukan potongan stek tersebut ke dalam bubuk kayu manis. Aplikasi kayu manis dapat mencegah penyakit dan infeksi selama proses pertumbuhan akar. Tidak hanya untuk stek, penggunaan bubuk kayu manis juga dapat digunakan pada cangkokan.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.