lapan-satelit-696x475

Sumber : lapan.go.id

BENIHPERTIWI.CO.ID – Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) dan IPB bekerja sama menghasilkan satelit penginderaan yang bisa menghasilkan data sumber daya pangan secara real time.

Dengan satelit yang diberi nama Lapan A3 ini, nantinya bisa memperkiraan produksi padi nasional atau kondisi sumber daya perairan laut disekitar Indonesia. Rencananya satelit akan diluncurkan dari Shriharikota, India pada akhir Mei 2016.

Kepala Lapan Thomas Djalaluddin mengatakan, satelit penerus Lapan A2 ini ditujukan untuk pengindaraan jauh, mengukur kualitas dan kuantitas tutupan lahan serta memantau sumber daya pangan.

Hal ini juga menjadi bagian dari upaya memujudkan keunggulan kompetitif perekonomian.  Karena dengan teknologi satelit ini bisa mendukung akurasi data dalam perencanaan penanaman  dan membantu dalam menetapkan kebijakan untuk ketahanan pangan seperti kebijakan terkait impor beras.

Menurut Rektor IPB Herry Suhardiyanto, selama ini sumber informasi berasal dari satelit negara lain. Padahal seharusnya Indonesia memiliki informasi akurat dari satelit sendiri. Oleh sebab itu sejak 2009 Lapan dan IPB merintis kerja sama yang dimulai dengan pembahasan bersama tentang space mission.

 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.