sawi kumala 3

Ikatan Bunga dan Daun Sawi Kumala Siap untuk Dipasarkan (Foto: Zabir)

BENIHPERTIWI.CO.ID – Sawi Kumala merupakan salah satu sayuran daun unggulan dari Benih Pertiwi. Umur panen sawi Kumala sangat genjah, batang dan daun besar, jumlah helainya pun banyak. Sehingga per ikatnya juga bisa lebih besar dan tampilannya tentu lebih menarik. Tidak hanya itu, bagi konsumen akhir yang terpenting daun dan bunga sawi Kumala tidak pahit.

Sawi Kumala bisa dipanen mulai umur 22-25 HST. Dengan umur genjahnya tersebut, pada umur yang sama ketika jenis sawi lain panen, sawi Kumala sudah mengeluarkan bunga. Hebatnya, meskipun sudah mengeluarkan bunga, daun sawi Kumala masih segar dan layak jual seperti daun sawi sebelum berbunga. Dengan keunggulan ini, petani jadi mendapat bonus. Bisa panen daun sekaligus bisa panen bunga.

Seperti di Konawe, Sulawesi Tenggara, bunga sawi Kumala dikonsumsi seperti sayuran lainnya. Bunga sawi dijual dengan harga per ikat sama dengan harga daun. Tentu dengan ini petani sawi bisa memilih antara panen dengan cepat atau menunggu beberapa waktu seperti panen sawi umumnya, agar sekalian bisa panen bunga juga. Tanamnya sekali bisa panen dua jenis sekaligus, daun dan bunga. Tentunya hasil lebih menguntungkan.

Sawi Kumala 1

Hamparan Sawi Kumala (Foto: Akbar Bin Muslim)

Sawi Kumala 2

Hamparan Sawi Kumala Siap Panen (Foto: Akbar Bin Muslim)

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.