IMG_6187 - CopyBENIHPERTIWI.CO.ID – Mie instan sangat populer khususnya dikalangan mahasiswa dan anak kost. Mie instan dikenal sebagai makanan pokok kedua setelah nasi, terutama diakhir bulan disaat menunggu gajian atau kantong menipis. Cara masaknya praktis dan hemat waktu dalam penyajian.

Ada juga yang mengkonsumsi mie instan bukan karena penghematan, namun karena rasa yang menggoda selera. Apapun alasannya, terbukti tingkat konsumsi mie instan di Indonesia termasuk tertinggi di dunia.

Dari sisi kesehatan, mie instan yang beredar dipasaran tentu sudah lulus uji dari BPOM, artinya mie instan aman untuk dikonsumsi. Namun demikian, perlu kiranya memperhatikan panduan membuat mie instan di setiap kemasan agar tidak menimbulkan pengaruh bagi kesehatan.

Dalam panduan tersebut, air rebusan mie instan haruslah dibuang dan tidak diperkenankan dikonsumsi. Hal ini karena mie instan dilapisi oleh lilin yang berguna sebagai zat pengawet. Zat lilin mempunyai kandungan rendah serat, sehingga sulit dicerna tubuh dan menyebabkan susah buang air besar.

Tak aneh bagi mie instan mania yang memahami kesehatan, ketika memasak mie instan selalu menambahkan  sayuran segar. Sayuran dalam campuran mie instan mengandung serat yang sangat baik untuk membantu memperlancar pencernaan di dalam usus.

Semakin banyak sayurannya, akan semakin baik bagi tubuh dalam membantu mengeluarkan kandungan makanan yang sulit dicerna. Sayuran yang paling umum digunakan adalah jenis sayur daun yang mudah didapat, seperti sawi-sawian, baik sawi daun, sawi daging, sawi putih hingga bunga sawi.

Meskipun mie instan bisa dicampur dengan sayuran, alangkah baiknya mengkonsumsi mie instan tidak tiap hari. Berilah jeda minimal tiga hari atau seminggu sekali agar tubuh bisa mengeluarkan sisa kandungan mie instan yang masih tertinggal.

Pilihan mengkonsumsi makanan segar tentu masih menjadi pilihan paling tepat untuk hidup sehat.

Benih sawi terkait : Pertiwi | Kumala | Flamingo | Sitara

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.