melon pertiwi

Seleksi buah melon

BENIHPERTIWI.CO.ID –¬†Salah satu tahapan penting dalam budidaya melon adalah proses seleksi buah. Proses ini perlu dilakukan karena tidak semua bakal buah yang muncul bagus untuk dibesarkan.

Tujuan seleksi agar buah bisa besar secara maksimal. Dengan seleksi ini potensi tanaman yang berbuah banyak akan dibatasi menjadi hanya 1-2 buah per tanaman. Dengan demikian distribusi nutrisi akan lebih fokus pada buah yang akan dibesarkan hingga panen.

Tidak hanya memilih bakal buah terbaik, dengan proses ini petani juga bisa mengamati lebih dekat terhadap buah yang kurang sehat dan mengambil tindakan tepat.

Dengan seleksi buah diharapkan dapat memaksimalkan potensi tanaman dalam menghasilkan buah melon berkualitas.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat seleksi buah melon, yaitu sebagai berikut :

  1. Seleksi dilakukan pada saat buah sebesar pingpong atau berusia 35 – 38 HST.
  2. Pilihlah bakal buah terbaik dari segi bentuk dan kesehatan buah. Bentuk buah normal bulat atau lonjong, tidak berkerut dan tidak  muncul bercak pada permukaan buah.
  3. Seleksi bakal buah yang muncul diatas minimal ruas ke 6 atau ruas ke 10 (tergantung jenis melon yang ditanam). Bakal buah yang muncul sebelum ruas ke enam kurang bagus untuk dibesarkan karena sulit besar dan cepat matang.
  4. Seleksi dilakukan dengan membuang buah yang tidak sesuai dengan ketentuan diatas.
  5. Cabang diatas bakal buah yang dipilih untuk pembesaran dipotong dan disisakan satu daun untuk menunjang perkembangan buah.
  6. Idealnya satu tanaman dibuahkan dua buah, masing-masing dihasilkan dari satu cabang utama, dengan rata-rata berat buah sekitar 2 kg.
  7. Agar besar buah merata, jumlah buah pertanaman perlu disesuaikan dengan kondisi tanaman. Jika tanaman nampak tumbuh normal dan subur, maka satu tanaman bisa dibuahkan 2 atau lebih, sedangkan jika tanaman kurang normal, sebaiknya dibuahkan satu saja agar besar buah optimal.
  8. Seleksi buah bisa dilakukan sekaligus dengan proses merapikan rambatan tanaman dan membuang buah atau daun yang rusak.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.