tepung-jagung

BENIHPERTIWI.CO.ID – Tepung jagung atau tepung maizena sudah lama dikenal dan digunakan untuk olahan makanan. Sebut saja sebagai bahan pembuat roti, kue kering, makanan bayi hingga kebutuhan farmasi. Namun perannya belum menjadi kebutuhan primer seperti halnya beras dan terigu. Padahal hanya beras dan jagung yang bisa dihasilkan di dalam negeri, sedangkan terigu harus impor dari luar negeri.

Produksi jagung di Indonesia lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak. Padahal tepung jagung juga bisa digunakan sebagai pengganti terigu. Meskipun tidak bisa mengganti 100% namun setidaknya tepung jagung bisa mensubtitusi peran terigu dalam pola konsumsi karbohidrat nasional.

Dalam bentuk tepung, jagung bisa mempunyai nilai lebih tinggi, mudah diolah kembali menjadi bahan olahan lainnya dan lebih mudah disimpan dengan berbagai kemasan.

Berikut fungsi tepung jagung dalam pengolahan makanan. 

1. Sebagai bahan pengental. Penggunaan tepung jagung dapat digunakan untuk pembuatan bubur, puding dan saus. Penggunaan tepung jagung sebagai campuran dengan didihkan hingga mengental.
2. Dapat menyerap kelembaban. Tepung jepung yang digunakan untuk menggoreng dapat membuat lebih renyah dan menyerap minyak.
3. Pengganti tepung terigu. Dalam pembuatan kue kering, penggunaan tepung terigu dapat dikurangi dan diganti dengan tepung jagung sebanyak 10-30%.
4. Merenyahkan kue kering dan melembutkan kue basah.

Meskipun selama ini tepung jagung lebih banyak digunakan sebagai bahan pelengkap dalam pengolahan makanan. Dengan kandungan karbohidratnya, tidak menutup kemungkinan tepung jagung menjadi substitusi terigu atau beras.

Prinsip pembuatan tepung jagung
1. Pemisahan kulit ari dan lembaga biji jagung dengan perendaman.
2. Setelah terpisah, lembaga digiling menjadi bubur.
3. bubur jagung direndam dalam NaOH 0.1% selama 3 jam untuk mengurangi kandungan protein (agar awet dan tidak apek)
4. Hasil perendaman berupa pati yang mengendap, sedangkan protein akan bercampur dengan larutan NaOH.
5. Endapan pati tersebut yang akan digunakan sebagai tepung jagung Maizena.
6. Buang air yang terlarut NaOH dan protein. Cuci dengan air bersih.
7. Keringkan pati yang mengendap.

Mudah bukan? Yuk, kreatif mengolah sumber daya alam kita menjadi bernilai tambah.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.