buncis1

Nandang, Petani Buncis Pertiwi

BENIHPERTIWI.CO.ID – Bagi seorang petani, urusan harga panen seringkali menjadi nomer dua. Hal utama adalah menghasilkan tanaman dengan produktivitas setinggi-tingginya. Meskipun harga jual sedang rendah, asalkan tanaman bisa berproduksi optimal, hasil panen melimpah bisa menjadi pelipur lara dan meringankan biaya produksi.

Seperti Nandang dari Lembang, Bandung Barat, petani buncis yang baru saja menanam buncis Pertiwi. Meskipun terhitung jenis buncis baru, keunggulan buncis Pertiwi sudah bisa diterima baik oleh petani.

Buncis Pertiwi mempunyai buah lebat, untuk per kantong (ukuran 500 gr), buncis Pertiwi bisa menghasilkan panenan mencapai 1,5 ton, bahkan ada yang mencapai 1,7 ton. Padahal biasanya hasil panen buncis lain rata-rata 8 kwintal per 500 gr benih.

Menurut Nandang, Buncis Pertiwi umurnya relatif genjah yaitu kurang dari 60 HST. Buahnya lentur, warna hijau, bentuknya gilig, tidak gepeng dan bobotnya lebih berat. Hal ini bisa dilihat dari berat per karung plastik panen yang biasanya hanya mencapai 35-40 kg, buncis Pertiwi mencapai 45-55 kg.

Polongnya panjang, sehingga untuk pasar lokal sangat disukai. Awalnya ini menjadi kendala untuk pasar supermarket karena terlalu panjang, namun untuk menyiasatinya buncis Pertiwi bisa masuk pasar supermarket dengan perlakukan panen interval dua hari sekali, agar dapat menghasilkan polong yang pas untuk ukuran supermarket.

Sedangkan untuk pasar lokal bisa dilakukan panen tiga hari sekali. Jadi intinya buncis pertiwi bisa fleksibel untuk pasar lokal dan supermarket,  dengan menyesuaikan interval panennya.

buncis2 buncis3 buncis4 buncis5

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.