Agus Santoso dibawah pohon Cabai Priyayi

BENIHPERTIWI.CO.ID – Agus Santoso petugas lapang Benih Pertiwi untuk wilayah Pagar Alam, Sumatera Selatan menjelaskan bagaimana tips untuk menanam cabai Priyayi.

Menurut Agus, cabai Priyayi mempunyai karakter tanaman yang rimbun dan lebat. Agar tanaman dapat berproduksi optimal membutuhkan ruang yang cukup, oleh sebab itu dalam pengaturan jarak tanam perlu diperlebar. Baik jarak antar tanaman maupun jarak antar bedeng.

Denga lebar bedengan satu meter, jarak tanam dapat menggunakan 60 x 60 cm dan jarak antar bedengan satu meter. Dengan jarak tersebut, cabai Priyayi dapat menunjukkan karakter yang sebenarnya, terutama kelebatan buahnya.

Selain itu dengan jarak yang cukup, sinar matahari dapat tersebar lebih merata dan perkembangan penyakit seperti jamur juga dapat ditekan. Artinya penggunaan jarak tanam yang lebar, tidak lantas mengurangi produktivitas tanaman. Meskipun populasi tanaman berkurang, namun potensi tanaman untuk berproduksi bisa lebih optimal.

Sedangkan untuk pemupukan dapat menggunakan NPK dengan dosis 3 kg /200 liter air, dengan aplikasi sistem kocor seminggu sekali.

 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.