BENIHPERTIWI.CO.ID – Salah satu tips pengendalian penyakit cabe yang disebabkan jamur, fungi  atau cendawan adalah menentukan jenis fungisida yang tepat. Yaitu mentukan jenis pestisida berdasarkan musim penghujan atau kemarau.  Selain itu juga perlu memperhatikan fungisida berdasarkan cara kerjanya, seperti fungisida kontak dan sistemik.

Umumnya jenis pestisida yang digunakan pada musim kemarau adalah fungisida kontak, yaitu fungisida yang bekerja hanya pada bagian yang terkena larutan. Fungisida jenis ini lebih tepat digunakan karena saat musim kemarau, kemungkinan bahan tercuci air lebih kecil dibandingkan saat musim hujan. Jika menggunakan fungisida kontak saat musim penghujan, sebaiknya menggunakn jenis fungisida yang tahan air. Adapun bahan aktif fungisida kontak bisa menggunakan Propinep, Ziram dan Mankozeb.

Sedangkan saat musim penghujan, fungisida yang tepat digunakan adalah fungisida sistemik, yaitu fungisida yang bekerja menembus jaringan dan menyebar keseluruhan bagian tanaman melalui jaringan. Fungisida sistemik lebih tepat karena dapat mengantisipasi air hujan dan menghindari pencucian bahan aktif. Adapun bahan aktif fungisida sistemik seperti  Difenokonazol atau Azoksistrobin.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.