BENIHPERTIWI.CO.ID – Kualitas sayur dan buah tidak bisa ditingkatkan kembali setelah panen. Hal yang bisa dilakukan hanyalah mempertahankan kualitas agar terjaga lebih lama, seperti kualitas fisik, warna, tekstur, citarasa dan nutrisi hingga keamanan pangan.

Agar sayur dan buah segar bisa disimpan lebih lama, untuk itu kita harus mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh, seperti turunnya kadar air, kerusakan mekanis, penguapan dan berkembangnya mikroba, perubahan komposisi kimia, aktivas etilen dan lainnya.

Sayur dan buah mempunyai kandungan air yang tinggi, bahkan bisa mencapai lebih dari 90%. Sedangkan kesegaran sendiri terkait erat dengan kandunga air. Jika kandungan air pada sayur dan buah berubah, maka akan berpengaruh terhadap kesegaran sayur buah itu sendiri. Seperti pada sayur daun, jika terkena panas akan segera layu, namun saat direndam atau dibasahi dengan air akan terlihat segar kembali.

Dengan kandungan air yang tinggi pula, sayur dan buah juga rentan terhadap pembusukan yang dipicu oleh aktivas mikroba dan cendawan yang menyukai lingkungan lembab. Seperti contohnya jagung manis segar jika disimpan bertumpuk, dalam hitungan 2-3 hari akan berjamur dan busuk. Hal ini karena kadar air dan kelembaban memicu pertumbuhan patogen pascapanen.

Hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan pascapanen adalah :

  1. Panen : Proses panen harus dilakukan secara hati-hati, hindari benturan secara fisik yang bisa menyebabkan kerusakan memar atau tergores. Karena kerusakan tersebut akan memicu pembusukan lebih cepat.
  2. Sortasi : Pisahkan sayur buah yang rusak atau busuk dengan yang baik.
  3. Pembersihan : Cuci atau bersihkan sayur buah yang sudah disortir
  4. Grading : Lebih baik sayur atau buah digrading atau dipilah berdasarkan grade yang sudah ditentukan. Buat grade dengan spesifikasi tertentu. Hal ini otomatis akan memisahkan sayur atau buah yang tua dengan yang muda.
  5. Pengemasan : Kemasan yang baik akan membantu sayur dan buah mempertahankan kesegarannya.
  6. Penyimpanan dan pendinginan : Sama halnya dengan pengemasan, penyimpanan dan pendidingan merupakan kunci dalam mempertahankan mutu sayur dan buah lebih lama.
  7. Transportasi : kecepatan dan keamanan transportasi akan turut menentukan daya simpan sayur dan buah.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.