Semangka Tanpa Biji Platini

BENIHPERTIWI.CO.ID – Di kalangan agen semangka maupun di sentra penanaman semangka sekitar Pekanbaru, Riau, nama Platini sudah tidak asing lagi. Hal ini karena nama Platini dikenal sebagai semangka tanpa biji unggulan dari Benih Pertiwi.

Menurut petugas marketing Benih Pertiwi wilayah Riau, Wendi Saragih, Semangka Platini mempunyai banyak keunggulan. Beberapa diantaranya adalah di persemaian benih tidak perlu dipecah, mudah dalam penyerbukan, lebih cepat nyantol.

Menurutnya jika semangka lain butuh dua minggu untuk menjadi buah, namun semangka Platini lima hari sudah jadi buah. Selain itu semangka Platini lebih tahan bercak daun dan hama, buah sangat berbobot dan di tingkat agen sangat diminati khususnya di Pekanbaru, Riau.

Untuk menghasilkan produktivitas yang maksimal, Wendi menyarankan agar satu tanaman dibuat menjadi dua cabang dan dua buah di posisi ruas 13 keatas. Karena Platini produksi buah atas.

Salah satu petani yang sudah mencoba menanam semangka Platini adalah Kusnan, petani semangka di Garuda sakti, Pekanbaru, Riau. Kusnan mengakui kelebihan semangka Platini “Penanaman enak, pembibitan enak, penyerbukan enak, buahnya besar-besar, berbobot, mantab.”

Sama hal juga dengan pengakuan Joni, petani semangka Platini, Garuda sakti, Pekanbaru, Riau, “Saya cenderung pilih semangka Platini, keunggulan timbangan menang,  penanaman gampang, penyerbukan mudah, gampang disuka bandar besar, timbangan berat, produksi meningkat, biaya untuk perawatan agak ringan dikantong.”

Sama halnya dengan di tingkat petani, di tingkat pedagangpun keunggulan semangka Platini juga diakui, seperti Iqbat Amrullah, pedagang Semangka Platini, Pekanbaru, Riau. Menurutnya, “Dipasaran semangka Platini lebih menjanjikan, daya simpan lebih bagus, bobot buah lebih besar, daya simpan lebih, rasanya lebih renyah dan manis. Minat masyarakat kota Pekanbaru ke Platini. “

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.