panen-raya-pertiwi-2

Panen Raya Jagung Hibrida Varietas Pertiwi-2 bersama Wakil Bupati Gorontalo

BENIHPERTIWI.CO.ID –¬†Gorontalo dikenal sebagai salah satu sentra jagung nasional. Peran Jagung Gorontalo, tidak hanya mensuplai kebutuhan dalam negeri namun juga ekspor ke luar negeri.

Salah satu kelompok tani yang musim lalu berhasil melakukan panen jagung adalah kelompok tani Stansa dari kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Dengan anggota sebanyak 32 orang dan luas lahan 33 hektar. Kelompok tani Stansa berhasil melakukan panen raya jagung Pertiwi-2.

Padahal menurut wakil bupati Kabupaten Gorontalo, H. Fadli Hasan St, MSi, yang hadir dalam acara Panen Raya Jagung Hibrida Varietas Pertiwi-2 tersebut, menyampaikan Gorontalo sebelumnya mengalami beberapa kali gagal panen. Wakil bupati berharap, panen raya tersebut menjadi awal kebangkitan petani Gorontalo.

Secara simbolis wakil bupati Gorontalo beserta pejabat terkait. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kab. Gorontalo, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan Kab. Gorontalo beserta Kelompok Tani Kec. Tibawa melakukan panen bersama dengan memetik jagung Pertiwi-2 sekaligus membuktikan secara langsung, jagung Pertiwi-2 gampang dipetik dan tidak alot.

pipilan-jagung-pertiwi-2-copy

Jagung Pertiwi-2 setelah Dipipil

Berdasarkan hasil ubinan, rata-rata produktivitas jagung Pertiwi-2 mencapai 8-9 ton. Hal ini menjadi keunggulan dari jagung Pertiwi-2, selain ketahanannya terhadap penyakit bulai.

Usai panen bersama, acara kemudian dilanjutkan demo mesin pipil jagung Pertiwi-2. Dengan demo pipil ini, para undangan dapat melihat proses pascapanen secara langsung.

Tidak hanya baik dilapang, proses pasca panen jagung Pertiwi-2 terbukti juga sangat baik. Dengan mesin pipil yang tepat, pemipilan jagung Pertiwi-2 akan menghasilkan biji bersih dan tidak tercampur dengan kotoran.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.