Melon Pertiwi Anvi yang Disemprot ZPT Bahan Aktif Etefon

BENIHPERTIWI.CO.ID – Umur panen melon sekitar 60-70 HSS. Dalam pertumbuhannya, buah melon mempunyai tingkat kematangan yang berbeda. Agar saat panen bisa menghasilkan buah melon dengan tingkat kematangan yang sama dan seragam, maka petani melon umumnya menyiasati dengan cara menyemprotkan bahan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dari golongan etilen yang berbahan aktif Etefon. Tujuannya agar melon bisa matang secara serempak.

Proses pemasakan menggunakan etilen bukan merupakan proses kimia, namun proses fisiologis dan biokimia tanaman yang tidak menghasilkan zat beracun bagi manusia. Penggunaan ZPT etilen aman dengan menggunakan dosis yang berlaku.

Cara Aplikasi ZPT tersebut sangatlah mudah, yaitu hanya menyemprotkan (sekitar dua kali semprotan menggunakan semprotan kecil kapasitas 1 liter) ke bagian permukan melon dengan bahan Etefon yang sudah ditakar sesuai dosis. Hasilnya setelah 1-5 hari, buah melon akan matang bersama (kecepatan kematangan buah tergantung dengan dosis ZPT yang digunakan).

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Penyemprotan ZPT Etilen :

Setelah penyemprotan, buah akan segera matang. Salah satu ciri buah matang adalah tangkai terlepas dari buah. Oleh seban itu sebaiknya untuk melon yang digantung setelah disemprot perlu diturunkan ke bawah agar buah melon tidak jatuh atau lepas dari tangkainya. Saat buah melon jatuh akan merusakan buah melon itu sendiri dan harganya jadi lebih murah. Untuk menghindari buah lepas dari tangkainya setelah disemprot, buah melon bisa langsung dipetik atau dipanen.

Dalam aplikasi ZPT ini perlu diperhatikan pula umur panen standar melon tersebut. Jika aplikasi ZPT Etefon tersebut terlalu dini, maka bisa jadi akan merusak mutu buah melon itu sendiri. Seperti biji terlepas dari buahnya yang menghasilkan melon kopong. Selain itu juga bisa membuat rasa manis buah melon berkurang. Penurunan mutu tersebut akan berpengaruh terhadap harga jual melon, bisa membuat harga lebih rendah atau bisa jadi ditolak pasar.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.