BENIHPERTIWI.CO.ID– Permasalahan yang kerap dihadapi petani jagung saat musim hujan adalah serangan busuk batang. Busuk batang disebabkan oleh bakteri yang berkembang pada kondisi kelembaban tinggi, seperti saat musim hujan dengan intensitas tinggi. Kondisi tersebut memungkinkan terjadinya genangan air, yaitu kondisi ideal bakteri tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Salah satu varietas jagung hibrida yang mempunyai keunggulan ketahanan terhadap busuk batang pada saat musim hujan adalah jagung Hibrida Pertiwi-6. Jagung yang tidak hanya unggul dalam ketahanan bulai, namun juga tahan terhadap busuk batang. Jagung Pertiwi-6 mempunyai batang besar dan tanaman tinggi, sehingga memungkinkan tanaman lebih tahan genangan dan busuk bakteri yang menyerang batang.

Pada saat musim hujan, untuk mengurangi kelembaban gunakan jarak tanam yang lebih lebar dibandingkan saat musim panas atau kemarau. Rekomendasi jarak tanam pada saat musim hujan adalah 75 cm x 20 cm dengan satu benih per lubang tanam. Sedangkan jarak tanam pada musim kemarau bisa dibuat lebih rapat yaitu 65 cm x 20 cm.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.