Maryudi dan Timun Mira

BENIHPERTIWI.CO.ID – Satu lagi produk unggulan dari Benih Pertiwi mulai meramaikan dunia pertimunan. Produk tersebut dilepas dengan nama benih Timun Hibrida MIRA. Yaitu timun dengan karakter buah hijau, panjang dan super lebat. Keunggulan timun Mira sudah banyak diakui oleh petani timun yang sudah pernah mencoba menanam. 

Salah satu petani timun Mira adalah Maryudi, petani  timun dari Sidomulyo, Lampung Selatan. Maryudi menanam timun Mira sebanyak 3 pack dengan luas tanam 1500 m2. Selain timun Mira, Maryudi juga menanam timun lain sebagai pembanding.

Menurutnya, kelebihan timun Mira adalah buah timbul di setiap ruas, tanaman tidak mudah kena kresek dan tonase tinggi, tidak pahit dari ujung buah sampai pangkal dan juga produksi lebih tinggi dari merek lain. Sedangkan timun lain berwarna putih, ada rasa pahitnya.

Sama halnya dengan Maryudi, Trihandoyo seorang petani timun dari Desa Sumberejo, Batanghari, Lampung Timur juga mencoba menanam Mira dengan pembanding timun jenis lain. Dengan luas 3800 m2, penanaman Mira hanya 4 pack. Dari perbandingan dengan timun lain tersebut, menurut Trihandoyo, perawatan timun Mira lebih enak  dan juga hasil jauh memuaskan dibandingkan varietas lain.

Perawatan enak timun Mira ini bisa dilihat dari tipe pertumbuhan tanaman, yaitu batang tanaman mau berdiri, tidak roboh, buah lebih memuaskan dibandingkan varietas lain. 

Selain itu, menurut Trihandoyo Timun Mira lebih hijau dan sangat disukai dipasaran karena tidak pahit. Varietas warna lain agak putih, jika telat petik buahnya membesar melebar. Sedangkan Mira membesar kearah memanjang. Sehingga jika dipetik dua hari sekali besar buah masih pas atau ideal. 

Dengan hasil yang sangat memuaskan tersebut Trihandoyo mantap lebih memilih Mira, “Kalau untuk perawatan dan buah, saya cenderung kembali ke Mira.” Ujarnya mantab

BACA LAINNYA

2 Response Comments

  • bibit pisang cavendish01/11/2019 at 2:18 pm

    wah, baru tahu ada timun hibrida… apa buah timun ini kalau matang warna jadi merah ya?

    Reply
    • Admin04/11/2019 at 10:30 am

      Oh tidak pak,. kalau matang warna hijau tua.

      Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.