BENIHPERTIWI.CO.ID – Pada umumnya jagung manis yang dkonsumsi di Indonesia adalah jagung manis berwarna kuning. Sedangkan jagung manis berwarna merah belum banyak dikenal dan belum sepopuler jagung manis kuning. Padahal jagung manis merah ini mengandung anthosianin yang tinggi. Antosinin mempunyai manfaat sebagai sumber antioksidan dan bisa memperlancar peredaran darah.

Bubur Jagung Manis Merah Mira

Kandungan anthosianin yang tinggi bisa dilihat ketika jagung manis merah ini direbus. Air rebusannya akan terlihat merah, pertanda jagung manis tersebut mengandung pigmen warna alami yaitu anthosianin.

Oleh sebab itu, selain bermanfaat bagi kesehatan, warna merah yang terkandung di dalam jagung manis merah ini bisa digunakan sebagai pewarna merah alami dalam olahan makanan maupun minuman.

Kali ini kita akan mencoba salah satu resep sederhana yang menggunakan bahan baku utama jagung manis merah Mira, yaitu jagung manis merah dari Benih Pertiwi. Resep ini adalah Bubur Jagung Manis Merah. Karena rasanya manis dan menyegarkan, menu ini sangat cocok untuk hidangan pembuka seperti ketika berbuka puasa.

Jagung Manis Merah MIRA

Berikut cara sederhana membuat jagung manis merah Mira.

Bahan

  • 3 buah jagung merah Mira
  • 1/4 kelapa dibuat santan cair 500ml atau campur 500ml air dengan 1 bungkus santan instan ukuran 60ml
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 3 sdt tepung maizena

Cara pembuatan:

  1. Iris jagung merah dan buang janggelnya
  2. Masukkan hasil irisan ke dalam panci dan tambahkan 500ml santan cair,
  3. Tambahkan gula dan daun pandan, masak hingga mendidih, berubah warna dan air sedikit menyusut
  4. Tambahkan garam dan tepung maizena, aduk dan koreksi rasa.
  5. Bubur siap di sajikan.

Bubur jagung manis merah Mira bisa disajikan hangat ataupun dingin-dingin dengan ditambahkan es batu atau disimpan di kulkas. Gampang sekali bukan?

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.