perangkat ngengat2 - Copy

Gambar. Alat Perangkap Cahaya

BENIHPERTIWI.CO.ID – Ada dua cara pengendalian ngengat secara sederhana yang umum digunakan petani :

1. Perangkap lampu pada malam hari.

Prinsip perangkap ini adalah memanfaatkan sifat ngengat yang aktif pada malam hari. Secara alami ngengat penggerek batang padi mudah tertarik dengan cahaya. Perangkap lampu bisa menggunakan lampu listrik yang dibawahnya diberi corong perangkap plastik. Perangkap dinyalakan mulai jam enam sore hingga jam enam pagi.

Cara membuatnya cukup mudah dan murah, yaitu : lampu (100 watt) atau bisa juga menggunakan lampu emergency, kabel listrik, penutup lampu, tiang dari kayu atau bambu (± 2 m), corong dimater 30-50 cm dan kantong plastik. Buatlah perangkap sesuai dengan gambar disamping (bisa disesuaikan sesuai kreasi masing-masing).

Cahaya lampu berfungsi untuk menarik hama aktif pada malam hari. Hama yang mendekat dan menabrak lampu  akan jatuh ke corong. Corong yang bagian bawahnya bolong dan tersambung dengan kantong plastik akan menangkap hama. Hama yang sudah masuk ke kantong plastik akan terperangkap dan sulit keluar.

perangkap ngengat 1 - Copy

Gambar, Penggunaan Perangkap Cahaya di Areal Sawah.

Perangkap lampu dapat diletakkan dipinggir pematang sawah atau menyesuaikan dengan sumber aliran listrik yang tersedia. Satu lampu perangkap dapat digunakan untuk pengendalian sawah seluas 50 ha. Hama yang tertangkap selain dapat untuk mengurangi jumlah serangan dapat juga digunakan sebagai indikator populasi dari berbagai jenis hama lain misalnya hama wereng, sehingga antisipasi serangan dapat dipersiapkan sebelumnya.

Lampu perangkap dapat dipasang sejak pengolahan lahan untuk mengontrol perkembangan hama. Penyemaian dapat dilakukan pada dua minggu setelah puncak penangkapan dan sebagai pencegahan lakukan penyemprotan insektisida setelah empat hari penangkapan.

 

2. Perangkap hormon kawin (sexferomon).

Prinsip perangkap ini adalah menggunakan sexferomon yaitu hormon wangi dari ngengat betina yang merangsang ngengat jantan mendekat. Hormon diletakkan dibotol yang berisi deterjen. Saat ngengat mendekat akan terjebak di dalam botol yang berisi deterjen tersebut.

Bahan dan peralatan perangkap hormon ini juga mudah dibuat, yaitu tiang penyangga dari kayu atau bambu (± 2 m), botol air plastik ukuran 2 liter, tali dan hormon sexferomon. Perhatikan contoh gambar untuk membuat perangkap.

Tiang perangkap sama halnya dengan tiang perangkap menggunakan cahaya dibuat siku untuk menggantung botol yang berisi perangkap sexferomon. Botol plastik dilubangi pada bagian tengah. Bagian bawah botol diisi larutan deterjen untuk membunuh hama. Perangkap dipasang pada botol bagian atas atau bagian lubang tengah. Ngengat jantan yang mencium bau betina dari dalam botol akan segera masuk ke dalam botol, menabrak perangkap dan akhirnya jatuh ke larutan deterjen. Ngengat jantan yang terperangkap akan mati setelah jatuh ke larutan deterjen. Perangkap sexferomon dapat dipasang sebanyak 20-30 titik untuk tiap hektar.

perangkat ngengat3 - Copy

Gambar. Alat Perangkap Sexferomon

Satu ngengat betina biasanya meletakkan telur-telurnya pada permukaan daun padi secara bertumpuk. Pada setiap tumpukan telur bisa berisi sekitar ± 2500 butir yang akan menetas menjadi larva perusak. Jika satu ngengat bisa menghasilkan ribuan telur. Bagaimana jika terdapat ratusan hingga ribuan ngengat dalam satu hamparan sawah. Pengendalian akan lebih efektif dengan mencegah keberadaan sumber hama, yaitu pada saat fase ngengat atau dewasa. Pada fase inilah jumlah relatif lebih sedikit dibandingkan ketika fase larva, namun lebih berpotensi mematikan setelah menelurkan ribuan telur. Oleh sebab itu, penanganan secara serius sejak dini perlu dilakukan untuk mengurangi kehilangan hasil panen atau bahkan gagal panen.

Selamat Mencoba.

BACA LAINNYA

2 Response Comments

  • nahl mikail08/03/2016 at 5:41 am

    apakah menyediakan sexferomon untuk ngengat gan?

    Reply
    • Admin10/03/2016 at 8:24 am

      Oh tidak ada pak,. Kami hanya menyediakan benihnya saja. Tks

      Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.