BENIHPERTIWI.CO.ID– Etiolasi merupakan pertumbuhan tanaman yang memanjang saat diletakkan ditempat yang kurang cahaya matahari. Hal ini disebakan oleh proses pemanjangan sel akibat kelebihan produksi hormon auksin. Hormon auksin berperan dalam pemanjangan sel. Sedangkan produksi auksin akan terhambat jika tanaman terkena cahaya. Sebaliknya jika tidak terkena cahaya, maka tanaman akan terus memanjang.

Gejala Etiolasi bisa terlihat saat menanam benih dan diletakkan ditempat tertutup yang kurang cahaya matahari. Setelah tumbuh, batang tanaman akan memanjangan tidak normal, daun kecil sehingga terlihat seperti batang yang tinggi kurus.

Dengan besar batang yang kurang proporsional, jarak antar ruas lebih panjang, tanaman yang mengalami etiolasi akan rentan rebah. Tanaman terlihat lemah, lebih pucat karena memiliki kandungan klorofil yang lebih sedikit. Akibatnya proses fotosintensi akan terganggu dan proses perkembangan tanaman menjadi terhambat.

Tidak hanya batang yang bermasalah, akar tanaman etiolasi juga kurang kokoh karenan pertumbuhan akar kurang lebat. Daun akan terlihat kuning, karena saat tanaman kloroplas tidak terkena cahaya matahari, maka kloroplas akan berubah menjadi etioplas. Saat kandungan etioplas tinggi, maka daun akan terlihat lebih kuning dari biasanya.

Cara Mencegah Etiolasi

Saat benih sudah mulai pecah, sebaiknya benih sudah mulai dikenalkan dengan cahaya matahari. Penyiran cahaya matahari yang cukup akan menghasilkan bibit tanaman yang sehat, kuat dengan ukuran proporsional.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.