BENIHPERTIWI.CO.ID – Gulma adalah tumbuhan lain yang tumbuh di lahan tanaman utama atau tanaman yang sengaja ditanam. Misalnya dalam hamparan jagung, ada tanaman mentimun yang tumbuh liar diantara tanaman jagung, maka tanaman mentimun tersebut bisa disebut gulma jika kehadirannya tidak diharapkan dan merugikan tanaman utama. Dengan kata lain, gulma adalah tanaman pengganggu tanaman utama.

Kehadiran gulma pada jagung perlu dikendalikan, karena akan menggangu pertumbuhan tanaman jagung. Gulma dan tanaman utama budidaya mempunyai keperluan yang sama dalam hal menyerap unsur hara dari tanah, cahaya matahari, ruang gerak tumbuh dan CO2. Jagung sendiri sangat peka terhadap kompetisi dengan gulma yang dapat mengakibatkan penurunan produksi hingga mencapai 16-56%.

Fase kritis persaingan antara tanaman jagung dan gulma terjadi pada hari ke 20 – 45 dan juga 80-150 (sembodo, 2010). Pada jenis gulma tertentu, ketika terjadi persaingan antara gulma dan tanaman pokok disekitarnya, maka gulma akan mengeluarkan zat allelopati.

Zat allelopati merupakan senyawa kimia yang bersifat racun dan dihasilkan oleh tanaman tertentu yang dapat menyebabkan tanaman disekitarnya dan dirinya sendiri mengalami pertumbuhan yang tidak normal, dipenuhi bercak coklat dan putih, tinggi tanaman dan panjang akar tidak normal.

Selain gulma tertentu yang bisa menghasilkan zat allelopati, ternyata jagung sendiri termasuk tanaman yang bisa menghasilkan zat allelopati bersama dengan padi, kedelai, buncis dan ubi jalar. Jadi tidak heran jika pertumbuhan terganggu, tanaman jagung bisa mengalami pertumbuhan yang tidak normal.

Gulma pada jagung secara morfologi bisa dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Gulma berdaun sempit

Gulma berdaun sempit umumnya berasal dari rerumputan keluarga Gramineae (Poaceae), seperti Rumput ceker ayam Digitaria ciliaris dan keluarga teki-tekian keluarga Cyperaceae, seperti rumput teki Cyperus rotundus.

2. Gulma berdaun lebar

Gulma berdaun lebar umumnya terdapat pada keluarga Asteraceae, seperti Jotang kuda Synedrella nodiflora dan dari keluarga Cleomacea, seperti Maman ungu Cleome rutidospermae

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.